Tanamkan Ideologi Sejak Dini, Kodim Singkawang Berikan Wawasan Kebangsaan Siswa-siswi SMA

Singkawang, Selasa (30/3/21) – Bertempat di Aula Makodim Singkawang Jalan Alianyang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang. Kodim 1202/Singkawang memberikan materi wawasan Kebangsaan kepada Siswa-Siswi SMA/SMK Kota Singkawang. Senin (29/3).

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Binter TNI-AD yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Guna Membentuk Masyarakat yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan”.

Adapun materi yang di berikan antara lain, Peratuan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), permainan holahop, bola tali, tongkat estafet dan water estafet.

Dandim 1202/Skw, Letkol Inf Condro Edi Wibowo, S.Sos., M.Han dalam sambutannya menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

“Kita memotivasi generasi muda dimulai dari para pelajar untuk belajar pengetahuan tentang Pancasila, bagaimana hidup ber-Bhineka Tunggal Ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ujar Dandim.

Lanjutnya, Kegiatan ini dilakukan untuk membentengi para generasi muda dari pengaruh negatif informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ada 4 pilar yang perlu kita ketahui bersama yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, terannya.

Lebih lanjut Dandim juga menuturkan, generasi muda sekarang ini jauh berbeda dengan generasi seperti dulu, dimana di zaman sekarang ini para generasi muda kita masih sangat kurang peduli terhadap Wawasan Kebangsaan.

Dandim juga berharap, dengan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada Siswa-Siswi SMA/SMK Kota Singkawang sebagai calon generasi penerus bangsa ini, mampu menciptakan generasi muda yang tangguh dan setia untuk mempertahankan NKRI yang kita cintai bersama ini,” tegas Dandim mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)