Sukseskan Swasembada Pangan, Kodim Kuala Kapuas Beri Penyuluhan Kepada Petani

Kapuas, Jum’at (30/4/21) – Kemanunggalan TNI-Rakyat terlihat saat personel Kodim 1011/Kuala Kapuas bersama kelompok tani bahu membahu melaksanakan penanaman padi di lahan sawah Demplot Kodim 1011/Klk di Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, Kamis (29/4). Guna mensukseskan swasembada pangan di bidang pertanian khususnya tanaman padi, yang didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan.

Pada kegiatan tersebut, personel Jajaran Kodim 1011/Klk bersama PPL melaksanakan perawatan padi sistem Demplot di persawahan dengan pola tanam jajar legowo bertempat di lahan sawah Demplot Kodim 1011/Klk milik bapak Winaryo warga Desa Sidorejo.

Dikatakan Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro, S.Sos, bahwa Lahan Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian secara langsung kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat, mempraktekan dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Dengan diadakan demplot ini nantinya agar para petani mau mengikuti pola tanam jajar legowo, dan tentunya cara perawatan dan pemupukan yang tepat dan benar agar dapay menghasilkan panen yang maksimal dan lebih meningkat dari sebelumnya,” pungkas Dandim. (Pendam XII/Tpr)