Sukseskan Program Vaksinasi Nasional, Pangdam XII/TPR Pimpin Rapat Kesiapan secara Virtual

Kubu Raya, Sabtu (9/1/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin Rapat dalam rangka kesiapan Vaksinasi Nasional di wilayah Kodam XII/Tpr. Rapat berlangsung secara virtual dari Ruang Puskodalopsdam XII/Tpr.

Rapat dihadiri Kadiskes Kalbar, dr. Harisson, M.Kes., Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, Irdam XII/Tpr, Brigjen TNI Widhioseno, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, Brigjen TNI Ita Jayadi serta para pejabat utama Kodam XII/Tpr. Sedangkan rapat diikuti oleh para Komandan Satuan jajaran.

Dalam rapat, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerima pemaparan dari Kadiskes Kalbar, Harisson terkait rencana kegiatan vaksinasi yang akan dilaksanakan secara serentak di Kalbar.

Usai menerima paparan, Pangdam XII/Tpr menyampaikan, pemaparan yang sudah disampaikan agar dijadikan bahan acuan para Dansat dalam melaksanakan tugas di wilayah atau pun satuan masing-masing.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan sesuai dengan kebijakan pemerintah pada tanggal 13-14 Januari 2021 akan dilakukan vaksinasi secara serentak. Para Dansat jajaran agar berperan dalam program vaksinasi nasional ini.

“Para Danrem, Dandim atau satuan yang di wilayah nanti akan dilibatkan menjadi vaksinator. Ya silahkan tentunya sudah melalui proses penyiapan secara medis sehingga betul-betul memenuhi syarat untuk dilaksanakan vaksinasi,” kata Pangdam.

Untuk itu Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan kepada para Dansat harus mengerti dan memahami tentang apa itu vaksin, vaksinasi dan imunisasi ini sangat penting. Karena jangan sampai nanti sebagai tokoh atau yang ditokohkan sebagai Komandan Satuan salah memberikan informasi baik tentang vaksin Covid-19 kepada prajurit ataupun masyarakat.

Selanjutnya Pangdam menegaskan, terkait dengan rencana pentahapan dan penetapan kelompok-kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 ini agar para Dansat mulai berkoordinasi dengan Kadiskes Kabupaten atau Kota dengan Satgas Covid-19 yang ada di wilayah masing-masing.

“Untuk itu agar para Dansat secara aktif mulai mengadakan rapat-rapat dalam rangka nantinya bisa melaksanakan program ini dengan cepat, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah,” tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr)