Satgas Pamtas Yonif 642 Bantu Distribusikan Alkes

Sanggau, Jum’at (2/4/21) – Bertempat di Pos Kotis Entikong, Kabupaten Sanggau. Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas membantu mendistribusikan Alat Kesehatan (Alkes) sebagai upaya dalam mendukung penanganan Covid-19 di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Adapun Alkes tersebut berupa Masker sebanyak 9.050 buah, Vitamin C 50.000 kaplet, Botol Herbavid-19 364 buah dan 1 buah tanki spray disinfektan.

Dalam hal ini, pada Kamis kemarin Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa menyampaikan, Satgas Pamtas Yonif 642/Kps akan membantu warga Entikong untuk mendistribusikan Alkes dari BIN kepada Tenaga Kesehatan dan Petugas Penanganan Covid-19 di wilayah Entikong. Mengingat banyaknya pelintas batas (PMI) yang akan kembali ke Indonesia melalui jalur PLBN.

“Dengan adanya bantuan Alkes ini, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Entikong yang telah peduli untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan Dansatgas, peran serta Satgas Pamtas Yonif 642/Kps di daerah penugasan tidak lepas dari perintah Pangdam XII/Tpr selaku Pangkoops dan Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Penanganan Covid-19 di wilayah Kalimantan Barat,” terang Dansatgas.

Sementara itu, Kepala Desa Entikong, Bapak Kiki mengungkapkan bahwa, warga menyerahkan Alkes yang diterima dari BIN, merupakan sebagian kecil Barang Hibah Milik Negara untuk didistribusikan kepada para Tenaga Kesehatan dan Petugas Penanganan Covid-19 di wilayah Entikong.

“Mengingat saat ini Entikong menjadi salah satu tempat karantina bagi para pelintas batas, sehingga nantinya Alkes tersebut dapat digunakan untuk Tenaga Kesehatan yang bertugas menanganinya.

“Selain itu juga, karena dalam situasi darurat seperti ini para Tenaga Kesehatan, Petugas Penanganan Covid-19 dan para Pelintas Batas/PMI sangat membutuhkannya,” kata Kades.

Sedangkan Kepala Puskesmas Entikong Bapak Gatot dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian dari semua pihak dalam menangani pandemi Covid-19 di wilayah Entikong.

“Kami dari Puskesmas Entikong menyambut baik kegiatan ini. Terima kasih kepada warga Entikong, semoga dengan bantuan Alkes ini dapat digunakan baik para tenaga kesehatan yang bertugas di tempat pendataan PMI maupun isolasi dengan sebaik-baiknya,” tuturnya. (Pendam XII/Tpr)