Rumkit Tk. II Kartika Husada Terima Kunjungan Kerja Tim Wasrik Itjen Kemhan RI

Kubu Raya, Senin (12/4/21) – Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Kesdam XII/Tanjungpura menerima kunjungan kerja Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Itjen Kemhan RI). Acara penerimaan berlangsung di Aula Rumkit Tk. II Kartika Husada.

Rombongan Tim Wasrik Itjen Kemhan RI yang dipimpin oleh Brigjen TNI Rahmad Triyono, S.E., disambut oleh Irdam XII/Tpr, Brigjen TNI Widhioseno, Kakesdam XII/Tpr, Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo, Sp.PD., FINASIM., dan Karumkit Kartika Husada, Kolonel Ckm dr. Agus Hari Wahono, Sp.An. M.Kes.

Irdam XII/Tpr, Brigjen TNI Widhioseno dalam acara menyampaikan, pengawasan dan pemeriksaan adalah proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi bukti yang dilakukan secara independen, objektif, dan profesional berdasarkan standar audit untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektivitas, efisiensi dan keandalan informasi pelaksanaan tugas serta fungsi instansi pemerintah.

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran dan kinerja Rumkit TK II Kartika Husada dan Kesdam XII/Tpr,” kata Irdam membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selanjutnya Irdam mengatakan, Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) pada rumah sakit di lingkungan Kemhan dan TNI dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan di lingkungan rumah sakit, berdasarkan prinsip, ekonomis, produktivitas dan penerapan manajemen yang sehat.

Melalui pola pengelolaan keuangan BLU, fleksibilitas diberikan dalam rangka pelaksanaan anggaran, termasuk pengelolaan pendapatan dan belanja, pengelolaan kas dan pengadaan barang atau jasa.

“Fleksibilitas tersebut sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan kepada publik dan efisiensi sehingga diharapkan terciptanya pelayanan yang semakin meningkat tanpa terganggu oleh birokrasi keuangan,” ujarnya.

Sedangkan Brigjen TNI Rahmad Triyono, S.E., selaku pengendali Tim mengatakan, sesuai keputusan Menkeu nomor 268/KMK.05/2019 tanggal 22 Maret 2019 bahwa Rumkit TNI AD Tk. II Kartika Husada telah ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLU, oleh karena itu Tim Pengawasan Intern Itjen Kemhan akan melihat proses dan pelaksanaan perubahan pengelolaan keuangan PNBP menjadi BLU.

“Selain hal tersebut di atas Tim akan melihat sejauh mana pengelolaan dana kapitasi Fasilitas Kesehatan Tingkat
Pertama (FKTP) yang dikelola oleh Kesdam XII/Tpr guna meyakinkan bahwa penggunaan dana kapitasi telah
dilaksanakan sesuai ketentuan,” kata Brigjen Rahmad Triyono. (Pendam XII/Tpr)