Prihatin dengan Kondisi Warga, Satgas Pamtas Yonif 642 Rehab Rumah Anak Yatim Piatu

Sanggau, Sabtu (9/1/21) – Prihatin dengan kondisi warga di sekitar Pos. Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas melaksanakan bedah rumah tidak layak huni milik warga Dusun Entikong Tapang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Pada hari Jum’at kemarin, Komandan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa meresmikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik saudara Rudi Muhammad (13).

Rumah tersebut merupakan peninggalan almarhum kedua orang tua Rudi Muhammad dan adiknya Hamzah (8), menjadi sasaran RTLH karena kondisi rumah sangat memprihatinkan untuk tempat tinggal.

Selain tidak layak huni, rumah tersebut berada di dekat Sungai Sekayam, apabila turun hujan terus menerus air meluap, dan rawan terjadinya longsor. Sehingga apabila tidak diperbaiki, dikhawatirkan akan membahayakan penghuninya.

Hal tersebut diungkapkan Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa usai meresmikan rumah milik Rudi Muhammad yang menjadi sasaran RTLH.

Dikatakan Dansatgas, proses bedah rumah ini dilakukan oleh 10 orang personel dari Pos Kotis Entikong yang dipimpin Lettu Inf Fian selaku Dankima Satgas dan beberapa warga sekitar.

Lanjutnya, kegiatan bedah rumah ini dapat berjalan dengan lancar karena adanya koordinasi yang baik antara personel Satgas dengan pemerintah daerah setempat dan aparat serta warga.

Sehingga rumah ini bisa dengan cepat diselesaikan, dari tidak layak huni menjadi tempat tinggal layak huni,” ujar Dansatgas.

Disampaikan juga oleh Dansatgas, ini merupakan wujud kepedulian TNI dalam membantu kesejahteraan masyarakat di daerah perbatasan. Sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat yang kokoh.

Diharapkan setelah direhabnya rumah ini, dirawat dengan baik agar masa pakainya lama. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan perehaban rumah ini,” pungkas Dansatgas.

Sementara itu, ungkapan terima kasih juga disampaikan Bapak Abdurahman Kepala Dusun Entikong Tapang, dalam hal ini mewakili Rudi Muhammad pemilik rumah atas kepedulian Satgas Pamtas Yonif 642/Kps terhadap warga kami.

Seperti saat ini, rumah yang tadinya sangat mengkhawatirkan sebagai tempat tinggal dan sekarang menjadi menjadi tempat yang lebih baik untuk ditempati.

Sekali lagi, selaku Kepala Dusun Entikong Tapang mengucapkan terimah kasih dan apresiasi atas kegiatan RTLH ini,” ucap Bapak Abdurahman.

Dalam persemian tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Dansatgas Pamtas, Letkol Inf Alim Mustofa dan Bapak Drs. Suparman selaku Camat Entikong. Juga dihadiri Danramil 1204-21/Entikong, Kacabjari Entikong, perwakilan Polsek Entikong, Kepala Dusun Entikong Tapang dan Satgas Teritorial wilayah perbatasan Entikong. (Pendam XII/Tpr)