Pimpin Sidang Pantukhir Cata PK, Pangdam XII/Tpr : Laksanakan Dengan Obyektif, Transparan dan Akuntabel

Singkawang, Minggu (4/4/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin Sidang Pantukhir Tingkat Pusat Penerimaan Calon Tamtama Prajurit Karier (Cata PK) TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2021 Subpanpus Kodam XII/Tpr bertempat di Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Kota Singkawang.

Sidang Pantukhir ini merupakan tahapan akhir dari seluruh rangkaian tahapan seleksi yang telah dijalani oleh seluruh peserta calon prajurit Tamtama. Untuk mereka yang dinyatakan lulus nantinya berhak untuk mengikuti pendidikan di Secata Rindam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Ketua Sidang dalam kesempatan tersebut mengatakan kepada Panitia agar kegiatan penerimaan Cata PK Gelombang I TA 2021 dapat dilaksanakan dengan obyektif, transparan dan akuntabel.

“Salah satu wujud kepedulian pimpinan tentang hal tersebut adalah dengan menyelenggarakan video conference kepada seluruh orang tua calon dan memberikan akses komunikasi secara langsung kepada Panitia Pusat di Mabesad, sehingga seluruh informasi terkait penyelenggaraan kegiatan penerimaan Cata PK TNI AD Gel. I TA 2021 dapat dimonitor secara langsung,” kata Pangdam membacakan sambutan Aspers Kasad, Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A.

Selanjutnya kata Pangdam, hal tersebut disebabkan karena Pimpinan masih menemukan adanya pelanggaran Werving yang dilaksanakan oknum di daerah, yang menandakan masih rendahnya kesadaran Panitia di daerah dalam melaksanakan pengawasan kegiatan. Selain itu pimpinan juga sangat menyesalkan ternyata masih terdapat oknum yang secara sengaja memanfaatkan kegiatan werving sebagai ajang untuk memperkaya diri.

“Saya mengajak kepada Panitia sekalian meningkatkan fungsi dan pengawasan selama kegiatan dan bersama-sama membangun TNI AD ini melalui kegiatan rekrutmen Prajurit TNI AD yang transparan, obyektif dan akuntabel sehingga diperoleh kualitas SDM yang profesional dan unggul demi kemajuan TNI AD di masa depan,” ajak Pangdam.

Untuk itu, Pangdam XII/Tpr berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memilih calon yang berkualitas sehingga calon Tamtama yang terpilih adalah benar-benar sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Diharapkan juga, peserta sidang memperhatikan setiap calon secara seksama dari tinjauan beberapa aspek yang objektif dan meninggalkan berbagai kepentingan pribadi.

“Selain itu kita semua pasti menyadari bahwa selama pelaksanaan seleksi masih banyak ditemukan berbagai kelemahan atau kekurangan dalam metode pemeriksaan dan pengujian yang telah dilaksanakan. Secara khusus saya berharap agar masing-masing bagian melaksanakan evaluasi sehingga kegiatan penerimaan Prajurit yang akan datang dapat berjalan lebih baik lagi,” harapnya.

Sedangkan Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Purwanasari, S.Sos., menjelaskan, untuk di wilayah Kodam XII/Tpr sidang Pantukhir Tingkat Pusat Cata PK TNI AD Gel. I dilaksanakan di dua tempat yaitu di Rindam XII/Tpr, Singkawang dan Korem 102/Pjg di Palangka Raya Kalimantan Tengah.

“Untuk di Rindam XII/Tpr diikuti sebanyak 326 orang, sedangkan untuk di Korem 102/Pjg diikuti sebanyak 177 orang. Dengan alokasi untuk di Kalbar 218 dan Kalteng 118,” tutup Letkol Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., menjelaskan. (Pendam XII/Tpr)