Percaya Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643, Warga Perbatasan Serahkan Satu Pucuk Senpi Rakitan

Sanggau, Senin (24/5/21) – Percaya dengan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti, warga Dusun Padang, Desa Siding, Siding, Bengkayang menyerahkan satu pucuk senjata api rakitan jenis Lantak kepada personel Pos Pamtas Siding. Penyerahan dilakukan saat Pos Pamtas melaksanakan anjangsana.

Bakas, 43 tahun yang sehari – hari bekerja sebagai petani menyerahkan dengan suka rela senpi yang selama ini Ia kuasai kepada Danpos Pamtas Siding, Sertu Bangun bersama dengan satu orang personel pos.

Kepada personel Satgas, Bakas menyampaikan bahwa senpi tersebut merupakan miliknya yang selama ini digunakannya untuk menjaga diri dan berburu binatang di hutan.

“Saya sudah meninggalkan kebiasaan berburu dan saya percaya bahwa kondisi perbatasan sekarang sudah aman dengan adanya TNI sehingga saya rasa tidak perlu lagi menyimpan senjata ini,” ujar Bakas.

Merasa terhormat, Sertu Bangun selaku Danpos Pamtas Siding menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada Satgas Yonif Mekanis 643/Wns.

“Kami merasa terhormat atas kepercayaan masyarakat kepada kami, semoga hubungan baik antara kita dapat terjaga dan semakin kuat,” ucap Sertu Bangun.

Sedangkan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., menyampaikan bahwa saat ini Satgas Pamtas gencar melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial. Dalam binter juga dilakukan sosialisasi tentang larangan kepemilikan senjata api kepada masyarakat perbatasan.

“Kami berikan penjelasan kepada masyarakat tentang peraturan perundang-undangan tentang kepemilikan senjata api dan mengedukasi tentang bahaya memiliki senjata api karena bisa merugikan diri dan orang lain,” ujar Letkol Inf Hendro Wicaksono di Pos Kotis Entikong. (Pendam XII/Tpr)