Peduli Warga Binaan, Babinsa Ratu Elok Bantu Poktan Siapkan Lahan

Ketapang, Senin (4/1/21) – Sertu Masdianto Babinsa Ratu Elok Koramil 1203-06/Manis Mata selalu peduli dengan warga binaannya. Salah satunya mendampingi Kelompok Tani (Poktan) Agro Tani Mandiri di Desa Ratu Elok, Manis Mata, Ketapang dalam proses menyiapkan lahan.

Dalam pendampingan tersebut, Sertu Masdianto bersama – sama dengan para petani melaksanakan penaburan pupuk jenis dolomit (Kapur).

Sertu Masdianto mengatakan, penaburan pupuk jenis dolomit sebelum proses penanaman dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan zat asam dan menambah kesuburan tanah.

“Pupuk dolomit berfungsi untuk menetralkan keasaman tanah atau menaikkan pH tanah. Dolomit dapat menyuburkan tanah karena mengandung magnesium sebagai unsur hara,” kata Babinsa.

Selanjutnya Babinsa Ratu Elok mengatakan, dalam pertumbuhan tanaman perlu dilakukan pemupukan agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara baik dan maksimal.

“Maka harus semaksimal mungkin merawat tanaman mulai dari penyiapan lahan agar tanaman tersebut nantinya tumbuh subur sehingga akan menghasilkan hasil yang memuaskan,” ujar Sertu Masdianto.

Pj. Danramil Manismata Serma Asbanur mengatakan, kegiatan membantu petani ini merupakan salah satu upaya memotivasi petani untuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu juga sebagai perekat tali silaturahmi dan salah satu wujud kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Karena keberhasilan dalam pertanian akan berdampak yang positif bagi kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat pun akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan dirasakan,” kata Serma Asbanur. (Pendam XII/Tpr)