Peduli Kesehatan Masyarakat Perbatasan, Satgas Yonif 642 Berikan Sosialisasi dan Pengetahuan Vaksin Covid-19

Sanggau, Sabtu (16/1/21) – Peduli kesehatan warga perbatasan, Satgas Yonif 642/Kapuas memberikan sosialisasi Protokol Kesehatan dan Pengetahuan tentang Vaksinasi Covid-19, secara bersamaan di tiga Kabupaten wilayah perbatasan RI – Malaysia, khususnya di Kabupaten Sambas, Bengkayang, dan Sanggau.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan ditiap-tiap Pos seperti, Pos Sajingan Terpadu, Pos Kout Jagoi Babang, Pos Kotis Entikong dan Pos Pamtas Balaikarangan.

Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa menyampaikan, Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat di perbatasan tentang pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, dengan menerapkan pola hidup sehat seperti 3M yaitu, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan. Serta memberikan pengetahuan mengenai Vaksin Covid-19 sebagai pembentuk daya tahan tubuh yang kuat.

Dengan sosialisasi ini, tambah Dansatgas, kita berharap masyarakat tetap menaati instruksi maupun imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan terhadap Covid 19, yaitu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari keramaian, serta berperan aktif jika nantinya ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19, sehingga terwujud Indonesia yang sehat dan lebih baik lagi kedepannya.

Sedangkan sebelumnya saat memberikan sosialisasi, Dokter Satgas Letda Ckm dr. Rahman mengatakan, Vaksin tersebut bertujuan untuk menciptakan daya tahan tubuh yang spesifik sehingga dapat terhindar dari virus tertentu.

“Masyarakat tidak perlu takut untuk di vaksin, karena vaksin yang diberikan sudah melalui tahapan uji klinis serta mendapatkan legalisasi dari BPOM dan MUI sehingga memang sudah baik dan aman diberikan untuk masyarakat Indonesia” ujar Letda Ckm dr. Rahman.

Lanjutnya mengatakan, setelah masyarakat mendapatkan vaksin tersebut bukan berarti masyarakat dapat langsung hidup bebas, akan tetapi harus tetap menerapkan pola hidup sehat dan gerakan 3M,” ungkap Letda Ckm dr. Rahman. (Pendam XII/Tpr)