Peduli Aset Budaya Korami Jagoi Babang Bersihkan Rumah Adat Dayak Bidayuh

Bengkayang, Jumat (28/5/21) – Didasari rasa peduli dengan aset budaya, Koramil 1202-09/Jagoi Babang melaksanakan kegiatan Jum’at Bersih di areal Rumah Adat Dayak Bidayuh, Taman Bung Jagoi, Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Dalam kegiatan Jum’at Bersih ini Koramil Jagoi Babang bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns, Bea Cukai, Pemerintah serta masyarakat Desa Jagoi Babang. Kegiatan ini merupakan upaya merawat perkampungan tertua Dayak Bidayuh.

Danramil Jgb, Mayor Inf Katirin mengatakan, Taman Bung Jagoi sudah ditetapkan menjadi situs cagar budaya oleh Dinas Pariwisata Kab. Bengkayang serta pernah mendapat penghargaan sebagai ‘Kampung Adat Terpopuler di Indonesia’ oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Untuk itu kita berupaya mempertahankan dan melestarikannya agar generasi muda mengerti kultur budaya lokal,” kata Danramil.

Dikatakan oleh Danramil juga, di masa-masa sebelum pandemi Covid-19, area rumah adat tersebut banyak dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara termasuk pejabat pemerintah pusat untuk menyaksikan keunikan budaya suku Dayak Bidayuh.

“Kita semua wajib merawat, menjaga, memelihara dan melestarikannya jangan sampai rusak, ini merupakan apresiasi generasi muda dalam pelestarian budaya. Kita sebagai TNI-AD yang bertugas melaksanakan Binter, mensuport atas semangat kebangsaan dalam usaha merawat kultur budaya lokal,” tegas Mayor Inf Katirin.

Kepala Desa Jagoi, Dedeng membenarkan, bahwa sebelum pandemi memang banyak wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke tempat tersebut terutama pada saat puncak acara adat Naik Dango. Namun karena pandemi tahun ini ditiadakan.

“Untuk kali ini kita bersama-sama membersihkan area rumah adat sebagai bentuk menghormati budaya leluhur dikarenakan tahun ini tidak ada ritual,” pungkas Dedeng. (Pendam XII/Tpr)