Patroli ke Lokasi Rawan Karhutla, Upaya Koramil Sukamara Cegah Kebakaran

Sukamara,Senin (8/3/21) – Patroli wilayah terus dilakukan Koramil 1014-06/Sukamara guna memantau sejumlah titik api di wilayah kampung Sambas, Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara.

Patroli rutin dilakukan sebagai upaya pencegahan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang salah satu dengan cara meningkatkan patroli menyasar wilayah rawan munculnya titik api.

Dikatakan Danramil Sukamara, Letnan satu inf Dimyadi, sesuai dengan instruksi Dandim agar setiap Koramil melakukan sosialisasi dan imbaun kepada masyarakat di sekitar daerah lahan-lahan kosong yang selama ini kerap terbakar, dan mengingatkan warga sama-sama menjaga lingkungan untuk tidak membakar lahan.

“Mencegah tidak sampai terjadinya karhutla tentu hal yang paling diharapkan, ketimbang menanggulangi lahan yang terlanjur terbakar,” ucapnya.

Sedangkan Dandim 1014/Pangkalan Bun, Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, menekankan kepada jajaran bahwa pentingnya pendekatan dengan mengedukasi masyarakat seperti kelompok petani dan pihak lainnya agar menyadari tindakan membuka lahan dengan cara membakar tidak dibenarkan dan ada sanksi hukum bagi pelakunya.

“Selain faktor alam, kebakaran lahan bisa terjadi karena kelalaian manusia yang tidak sengaja membakar sampah dan tidak memadamkan api sampai benar-benar padam,” tuturnya. (Pendam XII/Tpr)