Pangdam XII/Tpr Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021 Secara Virtual

Kubu Raya, Rabu (3/3/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi para Pejabat Utama Kodam, melalui video conference (Vicon) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 bertempat di Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.

Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2021 dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dari Istana Kepresidenan, Jakarta. Serta dihadiri oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan para Gubernur, Pangdam dan Kapolda di seluruh Indonesia yang mengikuti secara virtual.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan, dalam setahun ini Indonesia telah diberi pengalaman dan pelajaran yang sangat luar biasa. Bukan hanya bencana alam, tetapi juga bencana non alam berupa pandemi Covid-19.

“Dan, dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah, di sisi kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan dalam waktu bersamaan, bukan hanya skala daerah, bukan hanya skala nasional, tapi skala global,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo mengatakan, lebih dari 215 negara menghadapi pandemi Covid-19 seperti Indonesia. Kondisi ini menuntut pemerintah untuk bekerja cepat, inovatif, dan juga berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk negara lain dan lembaga-lembaga internasional.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi. Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran BNPB, yang telah mendedikasikan seluruh waktunya untuk menangani dan menyelesaikan krisis sekarang ini,” ucap Presiden. (Pendam XII/Tpr)