Melatih Kesigapan dan Kekompakan, Babinsa Karimunting Bersama Instansi Terkait Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Bengkayang, Kamis (4/2/21) – Untuk melatih kesigapan dan ketangkasan dalam menghadapi bencana, Babinsa Karimunting, Koramil 1202-03/Sungai Raya, Sertu Sugiyanto bersama anggota Polri, Basarnas serta instansi terkait menggelar latihan simulasi tanggap darurat kebakaran dan banjir yang bertempat di Unit Pelayanan Pengendalian Pembangkitan (UPDK) PLTU 3 Kalbar PLN Karimunting, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu kemarin, guna untuk melatih kesigapan dan kekompakan dalam mengatasi bencana sehingga saat dihadapkan pada situasi sesungguhnya sudah siap dalam melaksanakan tugas masing-masing.

Pada kesempatan tersebut Sertu Sugiyanto mengatakan, kegiatan kali ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi dengan masyarakat sehingga selalu bersinergi dalam menghadapi bencana, serta memberikan suatu gambaran dan melatih kesigapan dalam menangani kondisi yang sesungguhnya.

“Adapun motto yang diangkat pada kegiatan tersebut yaitu “Penguatan Budaya dan Disiplin Ekskusi K3 pada Kegiatan Kelistrikan untuk Mencapai Zero Accident yang Berkelanjutan”, yang berarti agar selalu disiplin dalam bekerja serta mengutamakan keselamatan di setiap kegiatan sehingga mengurangi kecelakaan dalam bekerja,” ucap Sertu Sugiyanto.

Lanjut disampaikan, dengan diadakannya simulasi kali ini agar masyarakat dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam mengambil tindakan apabila terjadi bencana.

“Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan ini apabila terjadi suatu bencana di wilayahnya, masyarakat dapat membantu dan mengambil tindakan awal sehingga memperkecil kerugian baik personel maupun materiil,” pungkas Sertu Sugiyanto. (Pendam XII/Tpr)