Kodim Pangkalan Bun Bersama Instansi Terkait Berjibaku Padamkan Titik Api

Kotawaringin Barat, Minggu (28/2/21) – Dalam meminimalisir menyebarnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), anggota Kodim 1014 /Pangkalan Bun bersama instansi terkait berjibaku padamkan kebakaran lahan di Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, pada Sabtu (27/2/21).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, bersama anggota Polres Kotawaringin Barat, BPBD, Tagana, Damkar, Manggala Agni serta warga setempat yang saling bahu membahu padamkan kebakaran lahan agar tidak semakin meluas.

Pada saat proses pemadaman tersebut, Dandim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, menjelaskan, proses pemadaman api dilakukan dengan alat seadanya serta saling bahu membahu bersama instansi terkait agar kebakaran hutan segera teratasi.

“Akibat terjadinya kebakaran tersebut belum jelas diketahui penyebabnya, apakah disebabkan oleh faktor alam ataupun kecerobohan manusia, apabila ditemukan adanya faktor kesengajaan bahwa api berasal dari warga yang membakar lahan maka akan dikenakan sanksi yang tegas,” ungkap Dandim.

Lanjut diungkapkan Dandim, dalam proses pemadaman api ada beberapa hambatan yang kita alami seperti titik api yang ditemukan di areal yang sulit dijangkau, serta cuaca yang sangat panas dan angin kencang sehingga membuat api sangat cepat menyebar, dan tanah yang terbakar tersebut juga merupakan lahan gambut sehingga sangat sulit untuk di padamkan.

“Sebagian besar api sudah dapat kami atasi namun ada beberapa titik yang sampai saat ini masih belum bisa di padamkan sepenuhnya, kita akan terus berusaha agar api cepat dipadamkan sehingga kabut asap di Kotawaringin Barat ini cepat hilang,” pungkas Dandim. (Pendam XII/Tpr)