Dukung Program Pemerintah, Kodam XII/Tpr Laksanakan Vaksinasi Kepada Seluruh Prajurit

Kubu Raya, Jum’at (5/3/21) – Mendukung program pemerintah guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dan meningkatkan imunitas tubuh personel, Kodam XII/Tanjungpura sampai dengan saat ini terus melaksanakan vaksinasi kepada para prajurit. Salah satunya yang dilaksanakan di Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Kesdam XII/Tpr.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini sudah memasuki hari ketiga. Merupakan kelanjutan dari vaksinasi tahap I yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan. Vaksinasi ini juga dilakukan di seluruh jajaran Kodam XII/Tpr.

Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) XII/Tpr, Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo, Sp.PD., FINASIM., menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dimana salah satunya adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

“Melalui vaksinasi kepada orang-orang yang tidak sakit tujuannya apabila terpapar virus dapat melawan dengan kekebalan masing-masing,” terang Kakesdam.

Selanjutnya mengatakan, program vaksinasi kali ini sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Presiden. Kemudian dilaksanakan oleh satuan TNI melalui Kasad agar setiap Kesdam melaksanakan vaksinasi di wilayah, salah satunya di Kodam XII/Tpr.

“Kita tahap pertama sudah melaksanakan vaksinasi kepada tenaga kesehatan sebanyak 535 orang di fasilitas kesehatan milik TNI AD di wilayah Kodam XII/Tpr,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, sedangkan tahap kedua, melaksanakan program pemerintah untuk memvaksin para prajurit TNI AD di wilayah Kodam XII/Tpr.

“Hari ini sudah memasuki hari ketiga. Kita sudah mendapatkan bantuan vaksin dari Dinas Kesehatan sebanyak 835 dosis dan sudah kita lakukan vaksinasi. Hari ini sampai dengan besok hari Senin kurang lebih ada 1034 dosis vaksin yang akan diperuntukan untuk prajurit TNI AD, setelahnya baru untuk personel PNS Kodam XII/Tpr,” kata Kakesdam.

Kakesdam berharap, dengan pelaksanaan vaksinasi kepada para prajurit ini sistem kekebalan dapat terbentuk sehingga pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.

“Mudah-mudahan dengan langkah yang dilaksanakan oleh pemerintah ini kita bisa memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Dimana setelah adanya vaksinasi ini terbukti kasus terkonfirmasi Covid-19 di seluruh Indonesia menurun. Mudah-mudahan harapan kita pandemi segera berakhir dapat segera terwujud,” pungkas Kolonel Ckm dr. Noerjanto Rahardjo. (Pendam XII/Tpr)