Dukung Operasional Satgas Khusus Penanganan Covid-19 di Perbatasan, Pangdam XII/Tpr Usulkan Dukungan PCR Mobile ke BNPB

Kubu Raya, Sabtu (20/3/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengusulkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dukungan PCR Mobile guna mendukung pemeriksaan sample swab para PMI yang datang di wilayah perbatasan Provinsi Kalimantan Barat.

Hal tersebut disampaikan Pangdam XII/Tpr saat melaksanakan pertemuan dengan Plt Deputi 3 BNPB, Dodi Roswandi melalui video conference dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr. Dikatakan Pangdam bahwa jarak PLBN dengan laboratorium cukup jauh, hal ini tentunya menjadi kendala bagi Satgas Khusus Penanganan Covid-19 di perbatasan.

“PCR Mobile nantinya akan kami prioritaskan untuk PLBN Entikong dan PLBN Aruk,” kata Pangdam.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut juga melaporkan, bahwa Satgas Khusus Penanganan Covid-19 di perbatasan Kalbar sudah terbentuk. Sesuai arahan Kasatgas Nasional yang ditindaklanjuti dengan Pergub nomor 250 tahun 2021 tentang pembentukan satuan tugas khusus penanganan Corona Disease (Covid-19) di perbatasan Provinsi Kalbar.

“Mulai tanggal 20 Maret 2021 ini kami mulai melakukan pelaksanaan operasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh Kodam saat ini,” ujar Pangdam XII/Tpr selaku Ketua Satgas.

Adapun organisasinya, kata Pangdam, terdiri dari gabungan unsur TNI-Polri serta kementerian dan lembaga yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

“Selanjutnya untuk pelaksanaan repatriasi akan ditangani langsung oleh Dansatgas wilayah meliputi Satgas PLBN Entikong, Aruk, Jagoi Babang, dan Badau serta Satgas pendukung lainnya,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr)