Dengan Alat Seadanya, Satgas Pamtas Yonif 642 Bersama Warga Padamkan Kebakaran Rumah

Sambas, Senin (25/1/21) – Aksi cepat personel Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas, Pos Temajuk, padamkan api yang menghanguskan salah satu rumah warga di Dusun Mauludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, agar tidak merembet lebih luas.

Dikatakan Danpos Temajuk, Letda Inf Ryan Hidayat, berdasarkan keterangan dari bapak Solihin yang kesehariannya menjual bensin eceran juga selaku pemilik rumah, kebakaran terjadi pada pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB, saat itu, dia sedang menuangkan bensin ke botol, dan pada waktu bersamaan itu juga anaknya sedang bermain didekatnya.

Tanpa disadari, lanjut Danpos, anaknya menghidupkan korek api, dengan cepat api menyambar bensin yang sedang dituang ke botol sehingga menyebabkan kebakaran, dan menghanguskan seluruh isi rumahnya.

“Dari kejadian tersebut, bapak Solihin dan anaknya mengalami luka bakar ringan pada bagian badan dan kaki. Selanjutnya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, kedua korban dibawa ke Puskesmas terdekat,” ujar Letda Inf Ryan Hidayat.

Diungkapkan Danpos, sebelumnya salah satu tetangga korban meghubungi salah satu personel Pos Temajuk melalui via telepon untuk melaporkan bahwa ada kejadian kebakaran rumah milik bapak Solihin.

Menanggapi hal tersebut, personel Pos langsung meluncur menuju ke lokasi. Dengan menggunakan alat seadaanya seperti, sempot air dan ember, dengan bahu membahu bersama warga sekitar memadamkan api agar tidak merembet luas.

“Kurang lebih sekitar dua jam, akhirnya api bisa dipadamkan,” tambah Danpos.

Sementara itu, Bapak Faisal, Kepala Dusun Mauludin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Sehingga api dengan cepat dipadamkan dan tidak menjalar kemana-mana.

“Sekali lagi, terima kasih atas bantuan bapak-bapak TNI,” tutur Kepala Dusun.

Ditempat terpisah, Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa, dalam keterangannya di Sanggau mengatakan, apa yang dilakukan personel Pos Temajuk tersebut merupakan aksi cepat penanggulangan terhadap bencana.

Selain melaksanakan tugas pokok, kata Dansatgas, Satgas Pamtas selalu hadir dan siap untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan.

“Dengan kejadian tersebut, agar selalu berhati-hati dalam setiap beraktivitas di dalam rumah, sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar,” pungkas Dansatgas. (Pendam XII/Tpr)