Cek Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla, Dandim Muara Teweh Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Materiil

Murung Raya, Kamis (4/3/21) – Pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan. Untuk itu, Dandim 1013/Muara Teweh, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang berlangsung di halaman Kantor Pemda Murung raya Jln. Letjend Soeprapto No.01, Puruk Cahu, Murung Raya.

Dalam sambutannya, Dandim Muara Teweh, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., menyampaikan digelar apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla menindaklanjuti Instruksi Presiden No. 11 Tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, arahan Presiden pada Rakor Pengendalian Karhutla di istana Negara pada 22 Februari 2021, serta hasil Rakor khusus tingkat Mentri tanggal 29 Februari 2021 di Kemenkopolhukam.

“Apel gelar dilaksanakan guna mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan materiil yang akan digunakan saat terjadinya Karhutla,” kata Dandim.

Ada beberapa point yang harus diperhatikan, lanjut Dandim, diantaranya, deteksi dini titik api, bersama tokoh masyarakat memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan Karhutla dan cara membuka lahan tanpa membakar.

“Tegakkan hukum bagi pembakar lahan dan beri sanksi serta apabila ada lahan yang terbakar segera padamkan jangan sampai membesar,” ujar Dandim.

Dandim juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten segera menentukan Status Keadaan Darurat Bencana Karhutla dan membentuk Satgas Penanganan Darurat Karhutla sampai tingkat kelurahan dan Desa.

Usai apel gelar, dilanjutkan dengan pengecekan sarana dan prasarana kesiapan penanganan Karhutla. Tampak hadir pada apel gelar Sekda Murung Raya Drs.Hermon, Msi, Kapolres Murung raya AKBP I gede putu widyana, SH.SIK.MH, WakaPolres Kompol Wawan ,SH, Danki C R 631/ATG Kapt Inf Hendi Fristiadi, KadisKominfo Drs.Bimo santoso,S.A.P, Kalaksa BPBD Kariadi, SE, Danramil 1013-07/Pch Lettu Inf M.Saroni dan PJU Polres Murung raya. (Pendam XII/Tpr)