Cek Hot Spot, Upaya Babinsa Kuala Dua Cegah Karhutla di Wilayah Binaan

Kubu Raya, Senin (26/4/21) – Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan, Babinsa Kuala Dua, Koramil 1207-05/Sei. Raya melakukan patroli dilahan rawan terbakar yang berada di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Patroli wilayah tersebut dilakukan dengan menyisir beberapa titik lahan kosong di wilayah Desa Kuala Dua yang dianggap rentan dan rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Sertu M. Sholeh, Babinsa Kuala Dua menyampaikan, Desa Kuala Dua ini merupakan salah satu Desa di Kecamatan Sungai Raya masih banyak lahan kosong yang luas, dan saat ini sudah mulai mengering. Sehingga menjadi kerawanan sangat tinggi terhadap terjadinya kebakaran lahan.

Lanjutnya menyampaikan, dalam melaksanakan patroli, kami juga bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Relawan lainnya. Di samping itu kami melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga sekitar untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun.

“Kami meminta kerja sama dari warga, apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan ke petugas terkait, agar cepat bisa diatasi,” ucapnya.

Desa Kuala Dua memiliki kerawanan yang tinggi, jadi harus ekstra dalam melaksanakan pengawasan dan patroli, sehingga lahan kosong yang rawan terbakar tersebut aman dari kebakaran,” imbuhnya. (Pendam XII/Tpr)