Cegah Api Muncul Kembali, Personel Kodim Pangkalan Bun Sirami Lokasi Lahan Terbakar

Kotawaringin Barat, Jum’at (5/3/21) – Sampai saat ini lokasi kebakaran lahan yang terjadi beberapa hari lalu di Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat masih dilakukan penyiraman guna membasahi lahan gambut oleh personel Kodim 1014/Pangkalan Bun bersama Polre, BPBD dan masyarakat. Sehingga bara api yang ada di dalam tanah dapat di padamkan.

Dandim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E., mengatakan, pendinginan difokuskan pada lahan gambut yang masih menimbulkan asap, agar api tidak menyala kembali.

“Proses pendinginan dilakukan hingga asap tidak muncul lagi dan bara apa dipastikan padam,” kata Dandim.

Dandim juga menjelaskan, meskipun ada kendala cuaca panas, angin kencang, serta kurangnya sumber air di lokasi, namun langkah penanganan Karhutla terus dilakukan secara optimal.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dan sejauh ini Karhutla di wilayah Kotawaringin Barat masih bisa ditangani dengan baik,” jelas Dandim.

“Jangan buka lahan dengan cara membakar. Ingat, pelaku Karhutla bisa dipidana,” ucap Dandim menegaskan.

Melalui sosialisasi oleh jajaran, Dandim mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah Karhutla. (Pendam XII/Tpr)