Beri Arahan Prajurit di Sambas, Pangdam XII/Tpr : Libatkan Masyarakat Tangani Pandemi

Sambas, Sabtu (13/3/21) – Dalam rangka kunjungan kerja, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pengarahan kepada para prajurit garnizun Sambas bertempat di Mayonif 645/Gty. Pengarahan ini dilakukan di hari ke dua disela-sela kegiatan melaksanakan gowes Tour De Aruk G310K.

Kegiatan diikuti oleh personel dari Yonif 645/Gty dan Kodim 1208/Sambas. Pengarahan oleh pucuk pimpinan di Kodam XII/Tpr ini dilakukan sebagai wujud kepedulian pimpinan dan sekaligus sebagai upaya pembinaan kepada satuan-satuan jajaran.

Mengawali arahannya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, sampai dengan saat ini TNI-Polri bersama dengan Pemerintah masih berperang dengan pandemi Covid-19. Untuk melawan penyebaran Covid-19 satuan tidak akan mampu melaksanakannya sendiri. Perlu upaya bersama dari masyarakat.

“Kita tanpa bantuan masyarakat tidak bisa melawan Covid-19, libatkan masyarakat tangani pandemi. Ajak warga untuk membuat posko-posko dalam penanganan Covid-19,” imbau Pangdam.

Selanjutnya Pangdam menegaskan, selain membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, prajurit juga turut serta berperan menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Prajurit dituntut untuk tetap bugar, salah satunya dengan cara selalu berolahraga agar kondisi tubuh prajurit tetap prima. Selain itu juga memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh juga harus terpenuhi.

“Olahraga juga harus dengan aturan, harus bertahap bertingkat dan berlanjut. Tidak ada yang sulit bila semua olahraga dibiasakan dan berolahraga dengan cara yang benar,” kata Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengatakan, khususnya kepada prajurit Yonif 645/Gty, tahun depan satuan ini akan diprioritaskan untuk melaksanakan tugas operasi. Dalam pelaksanaan tugas operasi diperlukan semangat, motivasi, skill dan disiplin menjadi tolak ukur keberhasilan tugas yang akan dilaksanakan.

“Menghadapi tugas operasi, kalian prajurit harus mengasah kemampuan dan terus belajar. Kesempatan di home base ini gunakan untuk kalian mengasah keterampilan sesuai dengan keahlian masing-masing,” tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Usai memberikan pengarahan, Pangdam XII/Tpr bersama Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama serta PJU Kodam memberikan bantuan berupa APD kepada Satgas Covid-19 Kodim 1208/Sbs dan Yonif 645/Gty. (Pendam XII/Tpr)