Antisipasi Terjadi Karhutla, Babinsa Sarang Burung Usrat Cek Perlengkapan

Sambas, Senin (8/3/21) – Guna menunjang suatu kegiatan, sarana dan prasarana sangat dibutuhkan, untuk itu Babinsa Sarang Burung Usrat, Koramil 1208-04/Jawai bersama perangkat Desa dan Babinkamtibmas melaksanakan pengecekan perlengkapan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sarang Burung Usrat, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas.

Pengecekan dilakukan guna mengetahui sejauh mana alat tersebut berfungsi saat memadamkan kebakaran.

Koptu Darliyusi selaku Babinsa Sarang Burung Usrat mengatakan saat pengecekan alat Karhutla dilakukan juga simulasi cara pemedaman api. Agar masyarakat paham dan peduli apabila sewaktu-waktu terjadi tidak ada kendala dan siap pakai.

“Alat ini juga bisa digunakan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa bapak Tarmiji menuturkan dirinya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan terus mensosialisasikan Karhutla kepada masyarakat.

“Kami juga rutin berpatroli, untuk mengawasi dan menjaga lingkungan sekitar Desa,” kata Sekdes.

Di tempat terpisah, Danramil 1208-04/Jawai Kapten Inf Muhammad Nazirin mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi anggota yang telah melaksanakan kegiatan pengecekan gelar alat perlengkapan Karhutla di Desa Binaan, kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang sangat positif dan efektif, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang dampak terjadinya kebakaran.

Sedangkan Danramil Jawai Kapten Inf Muhammad Nazirin di tempat terpisah menyampaikan, diharapkan masyarakat lebih peduli serta ikut beroeran aktif dalam melakukan langkah-langkah pencegahan Karhutla.

Danramil juga mengatakan bahwa pihak selalu bekerja sama dengan stakeholder lain dalam melakukan kegiatan pemadaman apa bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” tandasnya. (Pendam XII/Tpr)