Antisipasi Karhutla, Koramil Arsel dan Polsek Arsel Lakukan Sosialisasi

Kotawaringin Barat, Sabtu (27/2/21) – Koramil 1014-01/Arut Selatan mensosialisasikan stop pembakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sosialisasi tersebut dilakukan bersama Polsek Arut Selatan dan Aparat Desa, dengan membawa banner berisikan tentang Stop pembakaran hutan dan lahan menuju areal perkebunan milik warga.

Danramil Arut Selatan, Lettu Inf Faturrachman menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengedukasi secara langsung dengan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Imbauan tersebut, kata Danramil, dilakukan sedini mungkin agar masyarakat benar-benar memahami, apabila membakar hutan atau membuka lahan dengan cara dibakar, tentunya hal ini tidak dibenarkan dan bisa mendapat sangsi berupa pidana.

“Sehingga diharapkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran,” kata Lettu Inf Faturrachman.

Sedangkan Kapolsek Arsel AKP Wilhelmus Helky juga menyampaikan, patroli tersebut akan terus dilakukan bersama tim Satgas gabungan Karhutla di Kecamatan, guna melakukan pencegahan pada daerah yang rawan kebakaran sedini mungkin.

“Kami telah menjalin kerjasama dalam menyikapi permasalahan yang terjadi di Kecamatan Arut Selatan serta mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Tentunya, tujuan ini supaya Kecamatan ini kedepanya bebas dari asap,” tutup Kapolsek. (Pendam XII/Tpr)