Antisipasi Karhutla, Kasdam XII/Tpr Pimpin Langsung Patroli Cek Titik Api

Kubu Raya, Sabtu (6/3/21) – Meski hujan sudah turun dalam tiga hari terakhir, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Barat patut tetap diwaspadai. Untuk itulah Kasdam XII/Tanjungpura memimpin patroli bersama ke sejumlah lokasi rawan kebakaran di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Selain mengecek lahan – lahan yang rawan terbakar, dalam patroli rombongan juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk ikut serta dalam mencegah Karhutla dengan cara tidak membuka lahan dengan membakar.

Dalam kegiatan ini Kasdam XII/Tpr beserta tim patroli juga mengunjungi PT. Mitra Aneka Rezeki di Desa Sungai Deras, Teluk Pakedai, Kubu Raya. Pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di Kodam XII/Tpr ini menerima pemaparan dari pihak perusahaan terkait kesiapan maupun sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan dalam mengantisipasi Karhutla.

Wakapendam XII/Tpr, Letkol Edi Supriyadi yang juga ikut serta dalam patroli menjelaskan, patroli dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla.

“Tujuannya adalah untuk melakukan deteksi dini pada areal rawan kebakaran, melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan serta mewujudkan bahwa pemerintah hadir dalam mengatasi Karhutla,” terang Wakapendam.

Dalam kesempatannya, Wakapendam XII/Tpr juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta dalam mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Kalimantan Barat.

“Upaya mencegah kebakaran adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itu atas nama Kodam XII/Tpr kami mengajak kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,” tutup Letkol Kav Edi Supriyadi. (Pendam XII/Tpr)