Antisipasi Bencana Alam, Kodim Sanggau Laksanakan Apel Gelar Kesiapan PRCPB

Sanggau, Jum’at (26/2/21) – Bertempat di Lapangan apel Makodim 1204/Sanggau, Jln.padi No.1 Kelurahan Tanjung Kapuas, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Dandim Sanggau Letkol Inf Affiansyah, SP., memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kodim 1204/Sgu.

Dandim Sanggau, Letkol Inf Affiansyah, SP., saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak terkait, sehingga dapat terlaksananya apel gelar kesiapan PRCPB. Semoga kerja sama dan sinergitas yang harmonis dapat memberikan manfaat yang besar dalam rangka penyiapan dan mengorganisir personel maupun materiil serta perlengkapan yang kita miliki.

Dikatakan juga, hari ini digelar kesiap – siagaan dalam rangka membantu masyarakat apabila terjadi hal – hal yang kita tidak inginkan serta mengantisipasi bencana alam maupun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang selama ini kerap terjadi di wilayah Kalimantan Barat, sehingga kesiapan gelar pasukan yang berada di Satkowil dalam penyiapan personel dan materiil.

“Apel gelar ini untuk mendukung Pemerintah, menindaklanjuti UU nomor 34 tahun 2004 tentang tugas TNI dalam mengemban tugas Operasi Militer Selain Perang,” ucap Dandim.

Lanjutnya mengatakan, selain itu sesuai dengan peraturan Kasad nomor 37 tahun 2018, untuk secara terus menerus melanjutkan peningkatan kualitas Serbuan Teritorial dalam rangka mendukung berbagai kebijakan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam di seluruh tanah air.

“Adapun yang melatarbelakangi pembentukan satuan PRCPB ini adalah seringnya terjadi bencana alam maupun Kabut Asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan yang membuat prihatin kita semua,” kata Dandim.

Dandim juga berpesan, tidak mengesampingkan situasi dan kondisi saat ini di mana dunia dan secara khusus di negara kita sedang menghadapi wabah Covid-19, kita juga tetap memperhatikan serta peduli terhadap pencegahan wabah Covid-19, oleh karena itu kepada saudara sekalian yang terlibat dalam kesiapan satuan PRCPB ini harus tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga kita terbebas dari Covid-19 ini,” pungkas Dandim.

Apel gelar PRCPB melibatkan TNI-Polri, BPBD Sanggau, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Sanggau, Manggala Agni dan Damkar Sanggau. (Pendam XII/Tpr)