Antisipasi Bencana Alam, Kodim Pangkalan Bun Siapkan Pasukan Reaksi Cepat

Kotawaringin Barat, Selasa (16/2/21) – Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi di wilayah, Kodim 1014/Pangkalan Bun bersama dengan stake holder melaksanakan Apel Gelar dan Perlengkapan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Karhutla dan Batingsor. Apel dilaksanakan di lapangan Makodim 1014/Pbn.

Apel dipimpin Dandim 1014/Pbn, Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E. Diikuti oleh personel Kodim 1014/Pbn, Polres Kobar, BPBD, Satpol PP, dan Damkar. Selain apel personel juga turut digelar sejumlah perlengkapan yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana. Seperti LCR, kendaraan, mesin potong kayu, mesin air dan sejumlah peralatan lainnya.

Dandim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E., dalam amanatnya menyampaikan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan apel ini untuk mengetahui kesiapan PRCPB dalam melaksanakan penanggulangan bencana, yaitu dengan melaksanakan pengecekan personel maupun materiil.

Dengan kesiapan PRCPB sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah Kodim 1014/Pbn dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

Dandim 1014/Pbn menyebutkan, untuk tahun lalu jumlah kebakaran cukup minim, dan hampir tidak ada kebakaran hutan. Tetapi masih ada bencana banjir di sebagian wilayah dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi.

“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan sekalian, karena pada hari ini kita dapat bersama-sama melaksanakan Apel gelar penanggulangan bencana. Mari kita berdoa bersama-sama agar mendapat kelancaran dan kesehatan dalam melaksanakan kegiatan ini kedepannya,” ucap Letkol Arh Drajad Tri Putro mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)