Antisipasi Abrasi Semakin Parah, Bersama Warga Babinsa Keraya Buat Tanggul Darurat

Kotawaringin Barat, Senin (1/2/21) – Untuk mencegah terjadinya abrasi semakin parah. Babinsa Keraya, Koramil 1014-02/Kumai melaksanakan gotong royong membuat tanggul darurat di sepanjang bibir pantai di Desa Keraya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan gotong royong tersebut, selain bersama warga setempat Babinsa Keraya bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas, BPBD dan Tagana.

Dikatakan Serda Dedy Wardani, selaku Babinsa Keraya, pada hari Minggu kemarin, bahwa kondisi laut saat ini cukup ekstrim, gelombang laut yang tinggi akibat musim angin barat dapat menyebabkan abrasi dan mengancam rumah-rumah warga yang berada di sekitaran pantai.

“Kita berinisiatif membuat tanggul sementara dengan karung yang diisi dengan pasir, untuk menahan agar tanah tidak terkikis ombak,” ungkap Serda Dedy.

Lanjutnya mengatakan, langkah-langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi mencegah terjadinya korban yang dapat merugikan warga.

Serda Dedy juga menghimbau kepada warga untuk tetap waspada dan berhati-hati bila beraktivitas di laut, karena kondisi cuaca saat ini tidak memungkinkan.

“Gotong royong yang dilakukan aparat gabungan bersama warga desa setempat demi menyelamatkan pemukiman dan rumah warga yang terancam hancur dihantam gelombang pasang disebabkan banjir rob tersebut,” ujar Serda Dedy mengakhiri.

Sebelumnya, pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat juga sudah melakukan peninjauan langsung ke daerah tersebut terkait abrasi yang semakin parah, dan akan segera di tangani karena di kawatirkan abrasi akan memutus badan jalan Desa. (Pendam XII/Tpr)