Agar Hasil Panen Maksimal, Babinsa Berambai Makmur Laksanakan Pendampingan Kepada Petani

Kotawaringin Barat, Rabu (7/4/21) – Upaya dalam mendukung program Pemerintah, khususnya swasembada pangan, Babinsa Berambai Makmur, Serda Ilham, Koramil 1014-05/Pangkalan Banten, melaksanakan pendampingan ketahanan pangan kepada petani di lahan Demplot Kodim 1014/Pbn, Desa Berambai Makmur, Kecamatan Pangkalan Benteng, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan pendampingan tersebut dilakukan dengan cara membantu petani membersihkan rumput liar dan menanam kembali tanaman padi yang mati, agar padi dapat tumbuh subur dan mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Di sela-sela kegiatan, Serda Ilham mengatakan, adapun kendala yang dialami bagi para petani saat ini yaitu seperti tumbuhnya gulma atau rumput liar, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan padi dan dapat menyebabkan hasil panen yang kurang maksimal.

Untuk itu, kita selaku Babinsa turun lansung ke sawah untuk membantu para petani, dengan harapan dapat memberikan motivasi dan nilai positif agar lebih bersemangat dalam bekerja, guna meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. 

Lanjut dikatakan Serda Ilham, setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tidak terkecuali pada tanaman padi, seperti melakukan pemupukan, penyemprotan hama, atau pembersihan gulma.

“Kegiatan Pendampingan seperti ini akan terus kita lakukan kepada petani guna mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkwalitas,” pungkas Serda Ilham. (Pendam XII/Tpr)