Home / Militer / Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini, Kodim Ketapang Gelar Lomba Wisata Matematika

Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini, Kodim Ketapang Gelar Lomba Wisata Matematika

Ketapang, Sabtu (21/11/20) – Keberlangsungan suatu bangsa tidak terlepas dari adanya rasa cinta tanah air masyarakatnya. Hal inilah yang mendasari Kodim 1203/Ketapang menggelar Lomba Wisata Matematika Bela Negara yang dilaksanakan di Aula Makodim Jalan Letjen S. Parman, Kec. Delta Pawan, Kab. Ketapang, Jum’at (20/11) kemarin. Melalui lomba ini ingin menumbuhkan wawasan kebangsaan, budi pekerti serta nasionalisme kepada generasi muda.

Lomba Wisata Matematika Bela Negara kali ini diikuti oleh para pelajar tingkat SLTA/Sederajat di Kabupaten Ketapang. Lomba dibuka oleh Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta, S.H., M.Sc. Dihadiri oleh para perwira staf.

Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta, S.H., M.Sc, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Metode kegiatan lomba wisata matematika bela negara ini sebenarnya adalah adopsi dari Pusterad yang menggandeng Klinik Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam (KPM) Ciomas Bogor.

“Melalui lomba ini kita menarik minat dari kalangan remaja agar lebih menyenangi ilmu matematika yang ditambah dengan wawasan bela negara yang dikemas dalam bentuk game maupun diskusi baik secara indoor atau outdoor,” kata Dandim.

Diungkapkan juga, kegiatan ini merupakan kesempatan terbaik untuk memberikan stimulus kepada para pelajar melalui perwakilan yang diundang untuk belajar yang dipadukan dengan kegiatan wawasan kebangsaan bela negara.

“Dengan adanya kegiatan wisata matematika bela negara ini diharapkan para pelajar sebagai generasi muda, nantinya dapat memiliki semangat bela negara, cinta tanah air dan rela berkorban. serta menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan persaudaraan antar agama, ras atau suku, agar nantinya tidak terjadi perpecahan ataupun perselisihan, demi tetap utuhnya NKRI,” tandasnya.

Sedangkan Pasiter Kodim 1203/Ktp, Kapten Inf Yulianto mengatakan, kegiatan yang diberikan berupa materi yang meliputi, materi cara berfikir Supra Rasional, materi permainan wisata matematika bela negara, materi permainan Hula hop, materi pengenalan Senjata dan materi PBB yang melibatkan perwakilan pelajar SLTA.

“Selain itu kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, diharapkan para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang akan disampaikan oleh pemateri nantinya, sehingga para peserta dapat memahami apa-apa yang disampaikan”imbuhnya.

Aprianingrum salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini mengungkapkan, bahwa dirinya sangat terkesan mengikuti kegiatan lomba Wisata Matematika Bela Negara.

“Melalui kegiatan ini saya mendapatkan pengetahuan wawasan kebangsaan bela negara dan mendapatkan permainan matematika serta materi lainnya, yang tidak kalah menariknya dipimpin oleh kakak-kakak TNI yang tegas namun tetap humanis sebagai instrukturnya,” ungakap Aprianingrum. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Guna Kenyamanan Beribadah, Satgas Pamtas Yonif 407 Karya Bhakti Pembersihan Gereja

Sintang, Kamis (3/12/20) – Satgas Pamtas Yonif 407/Padma Kusuma, Pos Kampung Jasa bersama masyarakat dan …