Home / Militer / Tinjau Satgas Yonif 642, Tim Wasev Sopsad : Laksanakan Program Teritorial yang Berdampak Bagi Warga Perbatasan

Tinjau Satgas Yonif 642, Tim Wasev Sopsad : Laksanakan Program Teritorial yang Berdampak Bagi Warga Perbatasan

Sanggau, Selasa (20/10/20) – Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa beserta anggota dan staf menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi Staf Operasi Angkatan Darat (Wasev Sopsad) dalam kunjungan kerja di Pos Komando Taktis Entikong, Sanggau. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peninjauan, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan tugas perbatasan RI – Malaysia sektor barat.

Kunjungan kerja Tim Wasev Sopsad tersebut dipimpin oleh Kolonel Inf Heri Purwanto, bersama Kapten Inf Ratno Edy Putra perwakilan Paban VI/Sopsad, yang berlangsung selama dua hari kedepan.

Dalam kegiatan tersebut, Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa memaparkan seluruh kegiatan yang sudah, sedang dan akan dikerjakan selama pelaksanaan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI – Malaysia di wilayah sektor barat, Kalimantan Barat.

Disampaikan juga oleh Dansatgas, masih adanya beberapa Pos di wilayah Kabupaten Bengkayang yang bangunannya masih semi permanen, seperti Pos Berjongkong. Sedangkan Pos Siding masih menempati rumah Babinsa Koramil Siding.

Dalam arahannya, Ketua Tim Wasev Sopsad Kolonel Inf Heri Purwanto menyampaikan bahwa dalam mencapai suatu prestasi Satgas, selain tugas pokok menjaga keutuhan NKRI di wilayah perbatasan RI – Malaysia yang dominan adalah menjalankan program teritorial yang berdampak positif bagi masyarakat perbatasan.

Lanjutnya Kolonel Inf Heri mengatakan, personel Satgas harus pandai bergaul dengan warga masyarakat sekitar karena diuntungkan dengan Yonif 642/Kps sendiri sebagai “Tuan Rumah” di wilayah perbatasan ini. Sehingga mengetahui kondisi dan situasi daerah perbatasan ditambah dengan adanya putra daerah Kalimantan sebagai organik Yonif 642/Kps.

Kolonel Inf Heri Purwanto dalam arahannya berpesan kepada Satgas agar memelihara motivasi, tetap semangat, dan jangan berbuat pelanggaran. Tingkatkan kreatifitas dan ide yang diperlukan serta harus mampu berinovasi untuk mengatasi segala kendala yang ada selama melaksanakan tugas,” pesannya mengakhiri.

Usai pengarahan, Ketua Tim Wasev Sopsad Kolonel Inf Heri Purwanto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kps. Selanjutnya Tim Wasev Sopsad akan melaksanakan kegiatan peninjauan di jajaran SSK II, yang diantaranya Pos Berjongkong dan Pos Siding. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Motivasi Peserta Pembekalan, Pangdam XII/Tpr : Insan Penerangan Ujung Tombak Pemberitaan Satuan

Kubu Raya, Jum’at (4/12/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pengarahan …