Home / Militer / Pangdam XII/Tpr : Berkurban bagian dari Pembersih Jiwa

Pangdam XII/Tpr : Berkurban bagian dari Pembersih Jiwa

Kubu Raya, Jum’at (31/7/20) – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi untuk dikurbankan dalam rangka Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi Kodam XII/Tpr di halaman Masjid Nurul Ikhlas Makodam XII/Tpr.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan satu ekor sapi kepada Mayor Inf Akhmad Husni selaku Ketua Panitia Perayaan Idul Adha Kodam XII/Tpr. Acara penyerahan sapi kurban dihadiri para pejabat utama Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat memberikan sambutan menyampaikan, dengan kurban ini ada beberapa nilai yang bisa dipetik yaitu bagaimana telah ditunjukan oleh Nabi Ibrahim. Bahwa Nabi Ibrahim sebagai salah satu nabi yang taat dan patuh kepada perintah Allah SWT. Hal tersebut sama dengan prajurit apapun perintah yang diberikan pimpinan dalam rangka menjaga kedaulatan harus dipatuhi.

“Demikian juga dengan Nabi Ismail, beliau dengan keikhlasan dan kerelaan berkorban untuk melaksanakan perintah yang diberikan orang tuanya. Sama dengan semangat seorang prajurit yaitu pantang menyerah dan rela berkorban,” ujarnya.

Selanjutnya mengatakan, kurban ini juga sesuai dengan rukun Islam bahwa sebagai umat muslim diperintahkan untuk melaksanakan zakat atau kurban sesuai dengan kemampuan. Kalau era sekarang ini kita bisa mulai menyisihkan sedikit rejeki kita. Berkurban tidak harus sapi bisa kambing yang penting memenuhi syarat.

“Kita sisihkan rejeki kita mulai sekarang, baru nanti dua tahun berkurban tidak apa – apa yang penting semangat bagaimana kita melaksanakan ibadah sebagai seorang muslim. Karena berkurban ini sangat penting merupakan bagian dari pembersihan jiwa yang mungkin selama ini tanpa disadari atau tanpa disengaja kita sudah melakukan perbuatan melanggar perintah agama atau dosa,” kata Pangdam.

“Hingga dengan cara berkurban inilah memfitrahkan jiwa kita, ini nilai yang bisa kita petik,” tambahnya.

Selanjutnya Pangdam berharap kepada panitia agar daging kurban nantinya dapat disalurkan kepada mereka yang berhak atau yang membutuhkan.

“Di sekeliling kita masih banyak keluarga – keluarga yang masih memerlukan bantuan dan sentuhan dari kita. Oleh kerena itu kepada panitia agar daging kurban betul – betul diberikan kepada yang berhak atau yang membutuhkan sehingga nilainya bisa dirasakan oleh rekan – rekan kita yang tidak mampu,” harapnya.

Sedangkan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., ditempat acara menyampaikan, pada tahun ini Panitia Perayaan Idul Adha Kodam XII/Tpr menerima sebanyak sembilan ekor sapi dan enam ekor kambing dari Shohibul Qurban. Dua ekor sapi diantaranya berasal dari Gubernur Kalbar dan Pangdam XII/Tpr.

Selanjutnya mengatakan, untuk pendistribusian dari daging kurban, nantinya Kodam XII/Tpr akan menyalurkan kepada Panti Asuhan, Pondok Pesantren, Masjid dan Surau, Majelis Taklim serta masyarakat.

“Kami akan mendistribusikan sesuai dengan proposal yang masuk ke panitia kurban yaitu sebanyak 23 proposal dengan rincian 4 Panti Asuhan, 2 Pondok Pesantren, 5 Masjid, 10 Surau, 1 Kelompok Tani, dan 1 Majelis Taklim serta masyarakat sekitar Makodam XII/Tpr,” pungkasnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Gelar Pemeriksaan, Satgas Pamtas Yonif 642 Amankan Sindikat PMI Ilegal

Pontianak, Sabtu (26/9/20) – Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas mengamankan 4 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non …