Home / Militer / Luar Biasa, Manfaatkan Lahan Tak Terpakai Kodim 1012/Btk Panen Semangka 7 Ton

Luar Biasa, Manfaatkan Lahan Tak Terpakai Kodim 1012/Btk Panen Semangka 7 Ton

Barito Timur, Selasa (23/6/20) – Luar biasa Kodim 1012/Buntok membuat kagum masyarakat petani di wilayah Barito Timur pasalnya berhasil panen perdana semangka sebanyak 7 Ton di lahan Demplot Kodim yang bertempat di Dusun Longkang, Desa Jaar, Dusun Timur, Barito Timur.

Kebun percontohan ini memanfaatkan lahan seluas 2 hektar yang merupakan hibah dari Pemkab. Barito Timur untuk lokasi rencana pembangunan Makodim. Sebelumnya lahan ini tidak terpakai dan dibiarkan menganggur. Atas inisiatif Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi satu hektarnya ditanami semangka, sisanya dimanfaatkan untuk hortikultura yang lain seperti melon, jagung, terong, ubi dan tomat.

Panen perdana semangka dilakukan hari ini oleh Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi bersama Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Kapolres AKBP Hafidh Susilo Herlambang, Sekda Eskop, Kadis Pertanian Riza Rahmadi dan Pabung Barito Timur, Mayor Arm Rikun serta Ketua dan Pengurus Persit KCK Cabang XXXVIII Dim 1012 Buntok.

Dandim 1012/Btk, Letkol Inf Tuwadi, S.E., M.I.Pol., menjelaskan, pembuatan lahan Demplot tersebut merupakan program Kodim 1012/Btk untuk mendukung ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Barito Timur di tengah pandemi Covid-19.

“Hari ini kita melaksanakan panen perdana semangka di lokasi demplot calon Makodim Kabupaten Bartim bersama dengan Bupati dan jajaran Forkopimda,” jelasnya.

Selain itu juga, katanya sebagai contoh kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan serta membuka lahan dengan cara tidak membakar. Dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkan dilahan masing – masing.

“Alhamdulilah masyarakat saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh Kodim Buntok sehingga nantinya dapat meningkatkan ketahanan pangan di daerah,” katanya.

Sementara itu Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Kodim 1012/Btk dalam membantu pemerintah mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

“Kami sangat bangga kepada jajaran Kodim Buntok yang telah memberikan contoh yang baik dalam mengelola lahan, untuk tanaman yang berguna sebagai mendukung ketahanan pangan,” ucapnya.

Untuk itu dirinya mengajak kepada masyarakat Barito Timur untuk memanfaatkan lahan yang tidak tepakai untuk ditanami sayuran dan buah-buahan maupun tanaman bermanfaat lainnya.

“Ayo kita manfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami sayur dan buah-buahan. Terlebih di masa pandemi ini, dari pada dirumah saja alangkah baiknya kita manfaatkan untuk mengolah lahan supaya menjadi produktif,” ajaknya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Hadiri Do’a Bersama untuk Kalbar, Pangdam XII/Tpr : Pilkada Serentak, Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Pontianak, Jum’at (4/12/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghadiri acara Doa …