Home / Militer / Pangdam XII/Tpr Resmikan Rumah Khusus Bantuan Kementerian PUPR untuk Prajurit

Pangdam XII/Tpr Resmikan Rumah Khusus Bantuan Kementerian PUPR untuk Prajurit

Pontianak, Kamis (18/6/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Andy Suganda meresmikan rumah khusus Asrama Militer Hidayat, Jalan Alianyang, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Peresmian ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis dari Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Kalbar Ir. Andy Suganda kepada Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad serta dilanjutkan dengan pemotongan pita dan pemasangan stiker nomor rumah.

Rumah khusus ini merupakan bantuan dari Kementerian PUPR. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr menerima bantuan sebanyak 50 unit rumah. Rumah khusus ini dibangun dengan tipe 36 dan bentuk Kopel dan telah dilengkapi dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, jaringan air PDAM, jaringan listrik dan fasilitas prasana, sarana dan utilitas (PSU).

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat memberikan keterangan menyampaikan, dengan bantuan dari Kementerian PUPR ini tentunya sangat membantu prajurit Kodam XII/Tpr memperoleh tempat tinggal yang layak.

“Sebelum rumah ini direhab kondisinya rusak dan tidak layak huni. Oleh karena ada program ini maka tentunya bisa menimbulkan semangat di kalangan prajurit yang tadinya dia tinggal di rumah yang tidak layak karna rusak terus mau memperbaiki juga tidak mampu. Kebetulan ada bantuan dari Kementerian PUPR yang kita arahkan disini sehingga disulaplah rumah ini sekarang. Kita lihat tadi prajurit senang bisa tinggal di rumah yang baik, sekarang,” katanya.

Untuk itu Pangdam XII/Tpr berharap kepada prajurit yang menempati rumah untuk merawatnya dengan baik. Selanjutnya juga meminta untuk dibentuk pengurus perumahan seperti RT/RW. Kemudian dalam rangka kemasyarakatan, penghuni juga harus bisa bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat sekitarnya.

“Sebagai prajurit juga harus bisa memberikan contoh disiplin dalam hal kebersihan. Apalagi sekarang ini kita lagi menghadapi Covid-19, maka saya perintahkan untuk tiap rumah nanti bisa menyiapkan alat atau sarana cuci tangan sesuai petunjuk disiplin protokol kesehatan,” pinta Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selanjutnya menyampaikan, rumah khusus bantuan dari Kementerian PUPR tersebut diperuntukan bagi prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr yang masih berdinas aktif. Dirinya juga menyampaikan, bahwa saat ini Kodam XII/Tpr masih kekurangan rumah untuk prajurit. Upaya-upaya untuk menyediakan rumah prajurit terus dilakukan, dengan bekerja sama dengan Kemenpupr maupun secara swadaya.

“Dengan keterbatasan rumah sekarang kita ada menertibkan rumah-rumah yang mungkin mulai rusak-rusak dan penghuninya tidak ada. Kita upayakan perbaikan secara swadaya sehingga itu bisa dimanfaatkan untuk prajurit,” kata Pangdam.

Sedangkan Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Kalbar Ir. Andy Suganda menyampaikan, pembangunan rumah khusus Asrama Hidayat seharusnya dilaksanakan selama 82 hari, namun sedikit terlambat yang disebabkan karena kondisi lokasi.

“Kondisi lokasi ini kan daerah rawa, jadi kita mengerjakan pondasinya agak hati-hati. Benar-benar kita kendalikan airnya dulu baru kita kerjakan. Mutunya yang betul-betul kita jaga,” pungkas Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Kalbar. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Pangdam XII/Tpr Tinjau Bangunan Lab PCR Rumkit Kartika Husada

Kubu Raya, Jum’at (7/8/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau langsung …