Home / Militer / Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan, Babinsa Koramil 02/Kumai Ikuti Lomba Tiga Pilar

Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan, Babinsa Koramil 02/Kumai Ikuti Lomba Tiga Pilar

Kotawaringin Barat, Selasa (16/6/20) – Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1014-02/Kumai mengikuti Lomba 3 Pilar yang digelar oleh Polres Kotawaringin Barat. Lomba yang digelar untuk menyambut HUT Bhayangkara ke-74 ini dilaksanakan di Desa Pangkalan Satu, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat. Yang juga diikuti oleh para Bhabinkamtibmas dan
Kepala Desa se-Kecamatan Kumai.

Dandim 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu saat memberikan keterangan mengatakan, adanya soliditas dan sinergitas 3 pilar ini merupakan solusi terbaik untuk meminimalisir terjadinya konflik dari masyarakat yang berujung ke proses hukum.

Sebab, setiap persolan yang ditimbulkan masyarakat itu sendiri bisa diselesaikan di 3 pilar melalui musyawarah mufakat antara yang bersangkutan. Karena didalamnya terdapat Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Masyarakat dan Aparat Desa.

“Dengan adanya lomba 3 pilar yang di selenggarakan oleh Polres Kobar ini akan menguatkan kerja sama lintas institusi antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, maka bisa dijamin angka kriminalitas akan menurun, bahkan untuk koordinasi program pemerintah dapat dijalankan dengan efektif,” kata Dandim.

Selain itu katanya, 3 pilar dapat mempererat hubungan antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan. Dari tingkat Desa hingga tingkat pusat, serta membangun sinergi untuk mewujudkan Indonesia yang aman, adil dan makmur.

“Terjalinnya kedekatan atau sinergitas di 3 Pilar, dapat membentuk penguatan aparat di tingkat Desa. Program pemerintah dapat di jalankan dengan baik dan lancar sehingga mempermudah komunikasi antara 3 instansi ini,” tandasnya

Sedangkan sebelumnya, Kasat Lantas Polres Kobar, AKP Salahidin selaku Ketua Tim Penilai Lomba menjelaskan adapun tujuan lomba tersebut untuk lebih meningkatkan lagi sinergitas tiga pilar di wilayah.

Dikatakannya, adapun penilaian lomba meliputi 3 bidang yaitu kerja sama dalam penanganan Covid-19, pencegahan dan penanganan Karhutla, dan yang program ketahanan pangan.

“Selain dapat memupuk silaturahmi antar personel TNI, Polri dan Kades atau Lurah melalui lomba ini kita ingin meningkatkan wawasan pengetahuan anggota dilapangan supaya lebih memahami tugas dan tanggungjawab personel,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Pangdam XII/Tpr Tinjau Bangunan Lab PCR Rumkit Kartika Husada

Kubu Raya, Jum’at (7/8/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau langsung …