Home / Militer / Pramuka Saka Wira Kartika Harus Berkarakter

Pramuka Saka Wira Kartika Harus Berkarakter

Kubu Raya, Selasa (16/6/20) – Dalam rangka membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan pembinaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika bertempat di Sport Center Makodam XII/Tpr. Dalam pelaksanaan pembinaan, Kodam XII/Tpr menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Para pramuka binaan Kodam XII/Tpr mendapatkan materi pembekalan baik teori maupun praktek. Peserta dibekali dengan materi 5 Krida antara lain, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang merupakan program pelatihan dari Saka Wira Kartika ditambah dengan materi tentang Protokol Kesehatan.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., saat memberikan keterangan di ruang kerjanya menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

“Terkhusus saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 selain diberikan materi krida maka kita juga berikan pembekalan tentang disiplin protokol kesehatan. Yang mana sebagai generasi muda nantinya kita harapkan mereka dapat menjadi penegak disiplin pelaksanaan normal baru,” jelasnya.

Selanjutnya menjelaskan juga, era normal baru adalah dimana masyarakat tetap bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa akan tetapi ada protokol-protokol kesehatan yang harus dipenuhi dan ditaati. Seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dan selalu menjaga jarak.

“Salah satunya yang kita ajarkan hari ini kepada adik-adik kita. Sehingga diharapkan mereka nantinya menjadi contoh dan pelopor penegak disiplin di kalangan generasi muda maupun masyarakat di lingkungannya,” harap Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos.

Sedangkan Nirwati Iswatun Hasanah salah satu anggota Pramuka binaan Kodam XII/Tpr mengaku cukup senang dengan kegiatan pembinaan tersebut. Karena selama hampir tiga bulan berada di rumah tanpa kegiatan dan ini kegiatan pertamanya selama pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini saya bersama teman-teman bisa mendapatkan tambahan ilmu yang kami tidak dapatkan di sekolah,” ungkapnya.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat mengundang banyak generasi muda di Pontianak maupun Kalimantan Barat pada umumnya untuk ikut bergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika,” tambahnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Pangdam XII/Tpr Tinjau Bangunan Lab PCR Rumkit Kartika Husada

Kubu Raya, Jum’at (7/8/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau langsung …