Home / Militer / Periksa WNI Diperbatasan, Satgas Yonif R 641/Bru Pedomani Protokol Kesehatan

Periksa WNI Diperbatasan, Satgas Yonif R 641/Bru Pedomani Protokol Kesehatan

Sanggau, Sabtu (30/5/20) – Guna memutus mata rantai Covid-19 agar tidak meluas serta memperketat jalur tidak resmi di daerah perbatasan selama suasana lebaran. Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang melaksanakan serangkaian pemeriksaan terhadap WNI yang masuk melalui PLBN Entikong, kegiatan dilakukan mempedomani protokol kesehatan.

Sebanyak 15 WNI yang akan kembali ke Indonesia dilakukan pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19, agar WNI tersebut benar-benar tidak terjangkit Covid-19 sebelum melanjutkan perjalanan menuju tujuannya masing-masing. Dari 15 orang tersebut, 9 orang memiliki tujuan akhir perjalanan di provinsi Kalbar sedangkan 6 orang menuju Jawa dan Nusa Tenggara Timur.

Selain itu untuk menghindari adanya kegiatan ilegal yang dimanfaatkan di tengah mewabahnya virus corona dan suasana lebaran,” kata Dansatgas Pamtas Yonif R-641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, di Pos Kotis Entikong, Sanggau.

Dijelaskan Dansatgas, sebelum ke 15 WNI melanjutkan perjalanan, mereka diarahkan para personel Satgas yang bertugas ke PLBN Entikong guna menjalani rangkaian pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19 sesuai aturan yang berlaku. Pemeriksaan dimulai dengan cuci tangan di tempat yang telah disediakan, penyemprotan disinfektan pada barang-barang bawaan.

Selanjutnya dikatakan juga, dari kantor Kesehatan Pelabuhan PLBN Entikong melakukan pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen, serta pemeriksaan rapid test. Dan dilanjutkan pendataan biodata, wawancara riwayat perjalanan dan kesehatan oleh petugas gabungan. Disamping itu juga pemeriksaan barang bawaan, selanjutnya para WNI melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan travel yang dikoordinir oleh Polsek Entikong dan Satgas Yonif R-641/Bru.

“Akhir pekan merupakan waktu rawan terjadinya pelanggaran batas negara sehingga perlu pengawasan dan stamina ekstra, apalagi dalam situasi wabah Covid-19. Untuk itu, kami siapkan ekstra kekuatan dalam aktivitas pengawasan jalan-jalan tikus,” ujar Dansatgas.

“Data WNI yang telah terkumpul tersebut selanjutnya didistribusikan kepada Gugus Tugas Covid-19, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, guna mengawasi pergerakan para WNI yang baru pulang dari Malaysia tersebut,” pungkas Dansatgas. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Kadispenad Tutup Pendidikan Public Relations Bersama MNC Group

Jakarta. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus, secara resmi menutup Pelatihan …