Home / Militer / Babinsa Koramil 1012-10/Kota Sulap Kebun Karet Jadi Obyek Wisata

Babinsa Koramil 1012-10/Kota Sulap Kebun Karet Jadi Obyek Wisata

Barito Selatan, Sabtu (4/4/20) – Babinsa Koramil 1012-10/Kota, Sertu Randa Hartano memiliki kiprah yang luar biasa. Selain aktif melaksanakan pembinaan kepada masyarakat, dirinya juga mengembangkan pariwisata dengan membuat wisata alam di Jalan Urbanus Martjun, Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan.

Memanfaatkan lahan seluas 3.410 Meter persegi milik sendiri, Sertu Randa Hartano menyulap kebun karet menjadi obyek wisata alam yang kemudian dinamakan obyek Wisata Alam Tirta.

Wisata Alam Tirta dibangun oleh Sertu Randa Hartano sejak bulan Maret 2019 lalu. Dengan uang hasil tabungannya selama ini, dia membuat obyek wisata Alam Tirta.

Dengan total dana yang dikeluarkannya untuk membuat obyek wisata alam sekitar 30 Juta. Kini masyarakat Barito Selatan dan sekitarnya dapat berwisata dengan mudah dan murah.

Sertu Randa Hartano menjelaskan, tempat wisata tersebut dikerjakan sendiri selama 8 bulan dengan pekerjaan pembersihan area, pembersihan dan pelebaran alur sungai dari 1,5 meter hingga 7 meter sepanjang 60 meter secara manual dan pembuatan sarpras.

“Saya membuat obyek wisata ini bertujuan untuk mengembangkan pariwisata di Barito Selatan,” jelasnya.

Suami dari Ny. Sri Wahyuni ini juga menjelaskan, adapun sarana yang dapat dinikmati oleh pengunjung diantaranya pemandangan alam dan sungai alami untuk pemandian. Selain itu juga terdapat gazebo dan panggung hiburan, WC dan kamar ganti. Juga ada tempat duduk dari potongan kayu glondongan yang bisa menjadi tempat pengunjung berisitirahat sembari menikmati indahnya pemandangan.

“Sebelum merebaknya virus corona, Alam Tirta selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terlebih saat musim liburan,” ungkapnya.

“Untuk saat ini obyek wisata ini saya kelola dengan dibantu oleh istri,” tambahnya.

Dirinya menyampaikan, adanya obyek wisata tersebut masyarakat sangat antusias serta menyambut dengan baik, karena bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya disekitar area wisata juga warga masyarakat Kabupaten Barito Selatan.

Begitu juga dari Dinas Pariwisata Kab. Barsel sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Sertu Randa Hartano. Terbukti saat pengurusan perijinan. Mereka sangat antusias karena dapat membantu menambah pendapatan daerah dan mempromosikan Kabupaten Barito Selatan melalui pariwisata.

“Kedepannya saya harap Alam Tirta ini semakin berkembang dan banyak didatangi wisatawan. Sehingga semakin banyak orang yang mengenal daerah ini,” harapnya. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Persit KCK Cabang XLVIII Sanggau Berbagi Al-Qur’an dan Mukenah

Sanggau, Sabtu (23/5/20) – Di bulan Suci Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan. Persit Kartika …