Home / Militer / Satgas Yonif 641/Bru, Tanamkan Jiwa Nasionalisme Bagi Pelajar di Perbatasan

Satgas Yonif 641/Bru, Tanamkan Jiwa Nasionalisme Bagi Pelajar di Perbatasan

Bengkayang, Rabu (22/1/2020) – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Beruang melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada pelajar di perbatasan RI – Malaysia. Kegiatan tersebut berlangsung di SMPN 1 Jagoi Babang, Kec. Jagoi Babang, Kab. Bengkayang, dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter dan memiliki nilai kejuangan yang tinggi.

Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara dilakukan oleh Perwira Pembinaan Mental (Pabintal) Letda Inf Dwian Alit Utama, S.Tr (Han) dan tiga orang anggota bersama mahasiswa-mahasiswi STKIP Singkawang yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kec. Jagoi Babang.

Dalam kesempatan tersebut, Wadan Satgas Yonif Raider 641/Bru Mayor Inf Dede Andriana Ramdan di Pos Kout Jagoi Babang mengatakan, kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada pelajar sangat penting guna menanamkan rasa cinta tanah air sekaligus menumbuhkan jiwa Nasionalis.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaaan dan bela negara juga bisa menjadi dasar para siswa-siswi SMPN 1 Jagoi Babang untuk memiliki jiwa pantang menyerah, disiplin dan kaya akan pengetahuan tentang sejarah perjuangan dan perjalanan bangsa,” ungkapnya.

Wadan juga berharap kepada siswa-siswi lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, yang dapat mempersatukan rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam agama, suku dan bahasa.

“Dengan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara, dapat membentengi generasi muda dari sekelompok golongan yang akan memecah belah keutuhan NKRI,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Pangdam XII/Tpr : Pangkat Itu Amanah Yang Harus Dipertanggungjawabkan

Kubu Raya, Rabu (1/4/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin upacara …