Home / Militer / Pangdam Beserta Forkopimda Kalbar, Dampingi Kunjungan Kerja Menteri KKP

Pangdam Beserta Forkopimda Kalbar, Dampingi Kunjungan Kerja Menteri KKP

Kubu Raya, Kamis (9/1/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H. M.Hum., Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono beserta unsur Forkopimda lainnya mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Edhy Prabowo melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kalimantan Barat.

Kunjungan Menteri KKP di Kalbar adalah dalam rangka melaksanakan konferensi pers terkait penangkapan Kapal Illegal Fishing. Konferensi pers berlangsung di Kantor PSDKP Pontianak, Jalan Moh. Hatta, Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakor Polairud, Deputi Ops Lat Bakamla serta Direktur HPK Kementerian Luar Negeri.

Saat konferensi pers Menteri KKP RI, Edhy Prabowo menjelaskan bahwa pada tanggal 30 Desember 2019 yang lalu Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Kelautan telah berhasil menangkap tiga kapal asing berbendera Vietnam bersama dengan 36 anak buah kapal di Laut Natuna Utara.

Tiga kapal ikan asal Vietnam tersebut ditangkap oleh Kapal Pengawas milik Kementerian KKP saat sedang melakukan pencurian ikan di Laut ZEE diatas Pulau Tarempa Perairan Natuna. Diantaranya kapal dengan nomor lambung KG 95118 TS, KG 94629 TS dan KG 93255 TS.

Penangkapan dilakukan oleh Kapal Pengawas milik KKP yang terdiri atas KP Orca 3, KP Hiu Macan 01, dan KP Hiu 011. Dirjen PSDKP-KKP juga telah berkoordinasi dengan TNI AL yang mengerahkan KRI Tjiptadi-381 dan KRI Teuku Umar-385, serta Badan Keamanan Laut (BAKAMLA).

Kapal tersebut saat ini disita di Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, Kalimantan Barat beserta 36 ABK juga turut serta dilakukan penahanan untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Ketiga kapal tiba di Pontianak pada 2 Januari 2020.

“Memang para pencuri ini luar biasa. Tapi alhamdulillah anggota kita selamat semua. Kita berhasil tangkap tiga kapal dengan 36 ABK,” kata Menteri KKP Edhy Prabowo. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru Wujudkan Zero Asap Di Kalbar

Sambas, Selasa (18/2/20) – Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa yang digagas …