Home / Militer / Satgas Pamtas Yonif 641 Bantu Warga Korban Tanah Longsor

Satgas Pamtas Yonif 641 Bantu Warga Korban Tanah Longsor

Sanggau, Minggu (5/1/20) – Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang, Pos Kotis Gabma Entikong membantu warga akibat musibah bencana alam tanah longsor di Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, kemarin.

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Satgas Pamtas di wilayah perbatasan dalam rangka membantu kesulitan masyarakat akibat terjadinya bencana alam tanah longsor. Dengan menggunakan alat sederhana dan dibantu alat berat, kegiatan gotong royong tersebut dilakukan bersama masyarakat secara bahu membahu membersihkan tumpukan tanah dan sisa-sisa bangunan yang rusak,” kata Dansatgas Pamtas, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono di Pos Kotis, Sanggau.

Lanjutnya mengatakan, kejadian tersebut berawal dari informasi masyarakat menyampaikan bahwa ada rumah warga yang tertimpa musibah tanah longsor, dengan sigap personel Pos Kotis Gabma Entikong yang dipimpin Sertu Rudi turun langsung ke lokasi untuk membantu warga. Dalam kejadian tersebut tiga rumah warga tertimpa bencana alam tanah longsor, yang diantaranya rumah Bapak Rano, Deni dan Syamsir.

Tanah longsor terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir di wilayah Entikong dan kontur tanah yang miring atau lereng menyebabkan tanah tergerus air sehingga menyebabkan terjadinya tanah longsor. Selain itu, kondisi tanah yang terjal dan akar-akar pohon yang tidak mampu menahan tanah. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,” terang Dansatgas.

Sementara itu, Asmui Ketua RT 12 Dusun Entikong mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada aparat TNI yang telah peduli dengan memberikan tenaga untuk membantu warga yang tertimpa musibah,” tuturnya.

Sedangkan Mimi, salah seorang warga korban tanah longsor menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Satgas Pamtas atas bantuan yang telah diberikan sehingga meringankan beban kami,” ucapnya. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Babinsa Koramil 1202-08/Sedau Gotong Royong Bangun Jembatan Darurat

Singkawang, Senin (24/2/20) – Salah satu cara mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat adalah melalui gotong …