Home / Militer / Kodam XII/Tpr Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Kodam XII/Tpr Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Kubu Raya, Kamis (19/12/19) – Prajurit dan PNS Kodam/Tpr se-Garnizun Pontianak memgikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71. Upacara tersebut berlangsung di lapangan apel Makodam XII/Tpr. Upacara di pimpin Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Wahyu Marhaendro.

Dalam amanat Presiden RI Bapak Joko Widodo yang dibacakan Dandenma Kodam XII/Tpr disampaikan, bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

“Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita di segala bidang,” ucapnya.

Selanjutnya, Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna, yang tidak hanya memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan sendiri dan golongannya. Manusia paripurna mensyukuri berkah kebhinnekaan dan mensinergikan beragam kekuatan, siap menghadapi interaksi dan persaingan global yang semakin kompetitif, serta menginsyafi dirinya semata sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa. Inilah landasan prioritas bela negara untuk pembangunan SDM Unggul yang diarahkan kepada perwujudan Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila.

Lebih lanjut juga dikatakan, tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang ke depannya.

“Kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif dan massif dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya,” tutupnya mengakhiri amanat. (Pendam XII/Tpr).

About admin

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Kodim 1202/Skw Bersama Polres Skw dan Satpol PP Skw Gelar Patroli Gabungan

Singkawang, Sabtu (4/4/20) – Kodim 1202/Singkawang bersama Polres Singkawang dan Satpol PP Singkawang, pada Jumat …