Home / Militer / Satgas Pamtas 641 Evakuasi Warga Perbatasan Penderita Hernia

Satgas Pamtas 641 Evakuasi Warga Perbatasan Penderita Hernia

Sanggau, Rabu (11/12/19) – Perwujudan dari 8 wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, ini yang dilakukan prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang, Pos Kokki Balai Karangan membantu mengevakuasi warga atas nama Stefanus Tuming (56) penderita sakit Hernia yang tinggal di Dusun Muara Beduai, Desa Kasromego, Kec. Beduai. Kab. Sanggau.

Dansatgas Pamtas Yonif R/641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono di Pos Kotis Gabma Entikong, Sanggau mengatakan, evakuasi warga tersebut bermula saat anggota Pos Kokki Balai Karangan, Sertu Endi Ihsan bersama anggota kesehatan melaksanakan anjangsana ke rumah ketua dewan adat dayak Kec. Beduai, Bapak Martok. Obrolan berlangsung, disela perbincangan disampaikan Bapak Martok bahwa ada warga bernama Stefanus Tuming menderita sakit yang sudah lama, kurang lebih 5 tahun.

“Stefanus Tuming hidup seorang diri, rumah yang ditempati merupakan swadaya dari masyarakat Desa Kasromego, kondisi ekonomi membuat Stefanus Tuming tidak mampu memeriksakan penyakitnya ke Rumah Sakit,” ujarnya.

Selanjutnya, anggota kesehatan bersama Bapak Martok mendatangi rumah Stefanus Tuming untuk mengecek kondisinya, setelah dilakukan pemeriksaan, penyakit yang diderita Stefanus Tuming adalah Hernia yang sudah parah dan harus segera dibawa ke Rumah Sakit,” tambahnya.

Lanjutnya mengatakan, sebelum dievakuasi Sertu Endi Ihsan bersama anggota kesehatan berkoordinasi dengan perangkat Desa Kasromego dan Babinsa Beduai untuk menyiapkan administrasi Stefanus Tuming. Setelah administrasi selesai, evakuasi dilakukan anggota dengan menggunakan ambulance Satgas menuju ke RSUD Sanggau guna mendapatkan perawatan lebih lanjut,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Pasien Sembuh di Secapa AD Capai 1.241 Orang

Jakarta, Minggu (9/8/20) – Pasien sembuh di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, …