Home / Persit / Nuansa Binter Kodam XII/Tpr, Melalui Pergelaran Lomba Tari Cidayu

Nuansa Binter Kodam XII/Tpr, Melalui Pergelaran Lomba Tari Cidayu

Kubu Raya, Sabtu (21/9/19) – Dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif, Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura menggelar lomba Tari Cidayu tingkat pelajar se-Kalimantan Barat bertempat di Aula Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya, pagi tadi.

Lomba tersebut dibuka oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf M. Asep Apandi, S.I.P., M.Si yang diwakilkan kepada Pabandya Komsos Sterdam XII/Tpr, Mayor Inf Affiansyah dengan mengambil tema” Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan Dan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara Serta Menjaga Dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”. Untuk peserta lomba tari Cidayu diikuti sebanyak 70 orang yang sudah terbentuk dalam 10 tim.

Pada lomba tari Cidayu kali ini tampil sebagai juara 1 Sanggar Seni Simpur (Singkawang), juara 2 Pentra (Pontianak) dan juara 3 Sanggar Gelora Borneo (Pontianak). Selanjutnya kepada para pemenang lomba, mendapatkan piala yang diberikan oleh Waaster Kasdam XII/Tpr, Letkol Inf Ahmad Syaikhu. Selain itu juga mendapat piagam penghargaan serta uang pembinaan.

Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf M. Asep Apandi, S.I.P., M.Si., dalam sambutanya yang dibacakan oleh Pabandya Komsos Sterdam XII/Tpr, Mayor Inf Affiansyah mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin Komunikasi sosial (Komsos) yang sehat dan harmonis, sehingga melalui lomba tari Cidayu yang kita laksanakan ini akan meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit dengan segenap komponen masyarakat serta untuk menggugah semangat dan kepribadian para generasi muda untuk mencintai budaya bangsa sendiri, karena dengan ajang ini, kita manfaatkan untuk menumbuhkan kesadaran dalam bela negara.

Selain itu juga, untuk mempertahankan, menanamkan kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang memiliki beragam seni, khususnya seni tari.

Lanjutnya, seiring dengan dinamikan Sosial di tengah masyarakat yang semakin berkembang, maka Kodam XII/Tpr menganggap perlu ikut andil dalam program kegiatan pembinaan generasi muda melalui Komsos Kreatif, sebagai salah satu bentuk pembinaan Teritorial, sehingga diharapkan mampu menciptakan nuansa baru dalam bentuk kegiatan pentas seni, yaitu lomba tari bagi generasi muda yang penuh kreatifitas.

Untuk itu, mari kita bersama-sama membina generasi muda bangsa agar tidak terpengaruh hal-hal negatif. Kita bangkitkan kembali semangat kebangsaan, rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar yang juga sebagai generasi penerus bangsa yang handal,” ujarnya.

“Kepada para juara, agar piala ataupun hadiah yang diperoleh agar dijadikan tolak ukur prestasi, sejauh mana kemampuannya selama ini dan untuk selanjutnya lebih ditingkatkan lagi, sehingga mampu berprestasi yang lebih baik di massa mendatang,” tambah Waaster Kasdam XII/Tpr, Letkol Inf Ahmad Syaikhu. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Rapat Paripurna Sertijab Ketua Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura

Jakarta, Minggu (15/9/19) – Persit Kartika Chandra Kirana adalah organisasi yang dinamis mengikuti dinamikanya organisasi …