Home / Militer / Bina Mental Prajurit, Kodam XII/Tpr Gelar Kegiatan Do’a Syukur dan Muhasabah

Bina Mental Prajurit, Kodam XII/Tpr Gelar Kegiatan Do’a Syukur dan Muhasabah

Pontianak, Rabu (11/9/19) – Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan prajurit, Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura melaksanakan kegiatan Do’a Syukur dan Muhasabah yang digelar oleh Disbintalad. Kegiatan Do’a Syukur dan Muhasabah dibuka oleh Kasubdis Binrohis Disbintalad, Kolonel Inf Drs. Zaenal M, M.Si., bertempat di Aula Paldam XII/Tpr yang diikuti sebanyak 90 orang prajurit dan PNS dari satuan jajaran Kodam XII/Tpr.

Kegiatan pembukaan diawali dengan pengalungan tanda peserta oleh Kasubdis Binrohis Disbintalad, Kolonel Inf Drs. Zaenal M, M.Si., sebagai tanda dimulainya kegiatan Do’a Syukur dan Muhasabah di wilayah jajaran Kodam XII/Tpr.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabintaldam XII/Tpr, Kolonel Inf Yogi Gunawan dengan dilaksanakanya kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas iman dan taqwa prajurit serta PNS Kodam XII/Tpr.

Lanjutnya, kegiatan Doa Syukur dan Muhasabah di jajaran Kodam XII/Tpr merupakan tindak lanjut dari kebijakan pimpinan khususnya bidang pembinaan mental yang bertujuan, untuk meningkatkan militansi personel TNI -AD melalui pengoptimalan Bintal Fungsi Komando, peningkatan peran ibadah dan peningkatan kedisiplinan personel TNI AD dalam rangka mewujudkan profesionalisme organisasi TNI AD.

Dikatakan juga, Disbintalad selaku Badan Pelaksana Pusat yang bertugas sebagai pembina mental bagi Prajurit dan PNS beserta keluarganya melalui pembinaan mental rohani, mental idiologi dan mental kejuangan, bertanggungjawab terhadap pembinaan mental bagi prajurit dan PNS dilingkungan TNI AD.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Doa Syukur dan Muhasabah ini dilaksanakan, karena hal tersebut sebagai upaya penyelenggaraan peningkatan pembinaan rohani berupa penyuluhan, bimbingan dan perawatan melalui metode ceramah dan layanan agama oleh Rohaniawan,” terangnya.

Untuk itu, dengan dilaksanakanya kegiatan ini kiranya dapat meningkatkan kondisi mental, kesadaran untuk selalu taat beribadah serta patuh pada norma hukum yang berlaku seiring dengan semakin kompleksnya dinamika tugas kedepan serta dapat diaplikasikan di satuan masing-masing guna meningkatkan kondisi mental kepribadian, moral dan perilaku prajurit,” harapnya.

Sementara itu Kadisbintalad, Brigadir Jenderal TNI Asep Syaripudin melalui Kasubdis Binrohis Disbintalad, Kolonel Inf Drs. Zaenal M, M.Si., mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Reorientasi niat dan tekat sebagai prajurit dan PNS untuk memantapkan pengalaman ajaran agama secara baik dan benar serta dalam menumbuhkan sikap dan perilaku yang terpuji.

“Seorang prajurit dan PNS wajib memantapkan keimanan dan kewaan serta memiliki akhlak yang mulia untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam pelaksanaan tugas di satuan, lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.

“Manfaatkan kesempatan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan para peserta mendapatkan pencerahan spiritual dan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu juga, j hubungan yang erat antara sesama peserta agar tercipta ikatan emosional yang kuat,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kedepan. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Jalin Kerjasama, Pangdam XII/Tpr Terima Kunjungan KPID Kalbar

Kubu Raya, Selasa (15/10/19) – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerima kunjungan dari …