Home / Militer / Cegah DBD, Babinsa 1014-02 Bersama Warga Berantas Sarang Nyamuk

Cegah DBD, Babinsa 1014-02 Bersama Warga Berantas Sarang Nyamuk

Kotawaringin Barat, Kamis (16/5/19) – Babinsa Koramil 1014-02/Kumai Serda Aripin, bersama Polsek Kumai, Aparat Kecamatan Kumai, KKP Kumai dan masyarakat melaksanakan pendampingan petugas dari Puskesmas Kumai dalam program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan foging atau pengasapan di sekitar pemukiman masyarakat di Desa Sungai Tendang, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.

Kegiatan fogging atau pengasapan menyasar tempat – tempat lembab di sekitar pemukiman penduduk seperti, bawah kolong jembatan, sudut bangunan yang kurang terpapar cahaya matahari, kolam dan tempat penampungan air.

Danramil 1014-02/Kumai, Kapten Arm Ahmad Jubaidi mengatakan, kegiatan fogging sudah beberapa kali dilaksanakan dan tentunya tujuannya adalah membantu pemerintah untuk menekan pertumbuhan nyamuk yang dapat menyebabkan Demam Berdarah, sehingga kesehatan masyrakat dapat terwujud,” imbuhnya.

Lanjutnya, selain melaksanakan fogging, untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti, petugas juga melakukan penimbunan sampah yang dapat di genangi air seperti kaleng bekas dan botol plastik.

Tambahnya, mengingat pada musim hujan seperti saat ini, perkembangbiakan nyamuk Aedes aygepti semakin pesat. Gigitan nyamuk jenis ini merupakan media penularan virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah dengue (DBD).

“Telur nyamuk Aedes aygepti akan menetas jika terkena air. Inilah mengapa DBD biasanya merebak saat musim hujan,” ujarnya.

Senada dengan laporan Danramil 1014-02/Kumai Kapten Arm Ahmad Jubaidi, Komandan Kodim 1014/Pbn Letkol Inf Muchammad Roni Sulaeman, S.E., menuturkan, sejak beberapa minggu ini wilayah Kumai tengah mengalami hujan yang turun hampir setiap hari, sehingga membuat udara menjadi lebih sejuk dan lembab. Tapi tanpa disadari ada sebuah ancaman yang datang seiring musim hujan yakni berkembang biaknya nyamuk aedes aygepti.

Untuk itu, jajaran Kodim 1014/Pbn akan terus berpartisipasi dalam mendukung pemerintah untuk mensukseskan program kesehatan, guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Termasuk dalam pemberantasan sarang nyamuk, agar masyarakat terhindar dan terbebas dari penyakit DBD,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Melalui PETASAN Korem 121/Abw, Rehab Sarpras SMP di Perbatasan

Bengkayang, Jumat (24/5/19) – Percepat kualitas pendidikan di daerah perbatasan, Korem 121/Abw melalui Program Pengabdian …