Home / Militer / Pangdam XII/Tpr : Jadikan Puasa Momentum Intropeksi dan Evaluasi Diri

Pangdam XII/Tpr : Jadikan Puasa Momentum Intropeksi dan Evaluasi Diri

Kapuas Hulu, Selasa (14/5/19) – Puasa harus mampu kita jadikan sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi diri, guna melakukan perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Hal ini ditegaskan oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab saat memberikan sambutan pada acara Tatap Muka dan Buka Puasa Bersama Forkopimda Kapuas Hulu, Prajurit, PNS dan Persit wilayah Kapuas Hulu. Yang dilaksanakan di Aula Markas Batalyon Infanteri Raider Khusus 644/Walet Sakti, Putussibau Utara, Kapuas Hulu.

Dikatakan juga oleh Pangdam XII/Tpr dengan melatih kesabaran dan pengendalian diri yang kita lakukan selama ibadah puasa Ramadhan, akan menjadikan kita sebagai insan yang semakin santun dan toleran. “Insan yang selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa dalam Bingkai NKRI,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab menyampaikan, bahwa ada 2 dimensi dalam puasa Ramadhan, yang pertama yaitu Hablu Minallah hubungan manusia kepada Tuhan diwujudkan dalam ibadah puasa wajib bagi kaum muslimin, juga untuk melatih pengendalian diri, menanamkan sifat jujur, disiplin, dan yang kedua Hablu Minanas hubungan manusia dengan manusia diwujudkan dengan saling berbagi dengan sesama, terutama kepada anak yatim dan fakir miskin, yang diwujudkan dalam kegiatan Sedekah dan Zakat.

Melalui acara tersebut Pangdam XII/Tpr berharap dapat membangun komunikasi dan memperkuat jalinan silaturahmi antara semuanya, sehingga akan memperkokoh solidaritas sosial, guna membangun kesadaran kolektif dengan satu tujuan untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Sedangkan sebelumnya, Danyonif RK 644/Walet Sakti, Letkol Inf Arianto Sunu Kuncoro mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pangdam XII/Tpr serta Ketua Persit KCK PD XII di Yonif RK 644/Wls.

“Ini merupakan suatu penghargaan bagi kami dapat menerima kunjungan Pangdam XII/Tpr beserta rombongan,” ucap Danyonif RK 644/Wls.

Hal yang sama juga diungkapkan Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir juga mengucapkan selamat datang pada Pangdam XII/Tpr serta rombongan di Bumi Uncak Kapuas. Serta menyampaikan terimakasih atas kerjasama selama ini antara Kodam XII/Tpr dengan Pemkab. Kapuas Hulu khususnya saat pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga berjalan tertib dan lancar.

“Alhamdulilah sampai dengan bulan ramadhan ini kondisi Kapuas Hulu tetap aman, tertib dan kondusif,” pungkas Bupati Kapuas Hulu.

Diakhir acara, Pangdam XII/Tpr didampingi Ketua Persit KCK PD XII/Tpr memberikan santunan kepada anak-anak yatim dari Panti Asuhan Baitul Maqdis Kab. Kapuas Hulu. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Melalui PETASAN Korem 121/Abw, Rehab Sarpras SMP di Perbatasan

Bengkayang, Jumat (24/5/19) – Percepat kualitas pendidikan di daerah perbatasan, Korem 121/Abw melalui Program Pengabdian …