Home / Militer / Wujudkan Swasembada Beras, Koramil 1202-03 Bantu Petani Tanam Padi

Wujudkan Swasembada Beras, Koramil 1202-03 Bantu Petani Tanam Padi

Sambas – Kamis (25/4/19) – Babinsa Koramil 1202-03/Sambas Koptu Firmansyah melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah teritorialnya dalam rangka turut menyukseskan dan meningkatkan program pemerintah dalam swasembada pangan.

Kegiatan penanaman padi dengan para Kelompok Tani (Poktan) yang didampingi langsung oleh Mantri Tani dan PPL Desa jirak, yang sebelumnya sudah dijadwalkan oleh Babinsa Desa Jirak.

Dandim 1202/Singkawang Letkol Arm Victor J.L Lopulalan, S.Sos, melalui Danramil 1202-03/Sambas Kapten Inf Sulistiono menyampaikan, pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan para petani serta mengecek secara langsung dinamika dilapangan.

“Melalui Kegiatan ini kita dapat mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dikeluhkan para petani, sehingga berdampak pada sukses dan tidaknya hasil panen yang sudah berjalan selama ini,” ujar Sulis.

Lanjut Sulis, saat digelar dialog dengan para petani mengeluhkan tidak adanya saluran irigasi yang baik dalam sistem pengairan sawah mereka saat ini. Sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil panen padi.

Menurutnya, Babinsa akan membantu masyarakat secara bersama-sama bergotongroyong dan memberikan solusi jalan keluar cara mengatasi yang dikeluhkan petani.

Selain itu, memberikan pelatihan kepada kelompok tani tentang sistem penanaman legowo two in one (2 – 1), dengan cara penanaman 2 baris dengan 1 celah untuk keuntungan dapat memberikan hasil panen 4 bulan dengan jenis padi Infara.

“Jarak tanam bibit padi yang baik, dari padi satu ke yang lainnya antara 25 cm, dengan celah 40 cm untuk berjalan,” pungkas Sulis. (Pendam XII/Tpr)

About admin

Check Also

Jalin Komunikasi Pangdam XII/Tpr Kunjungi PT Steadfast Marine

  Pontianak, Rabu (20/11/19) – Dalam rangka menciptakan ikatan kerjasama yang baik, maka diperlukan adanya …