Home / Militer / Kreatifitas Babinsa dan Poktan Usaha Maju

Kreatifitas Babinsa dan Poktan Usaha Maju

Sintang – Babinsa Koramil 1205-19/Kelam Permai bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Usaha Maju, Desa Ensaid Panjang, berhasil membuat mesin perontok padi dengan memanfaatkan mesin sepeda motor. Hal ini dikatakan Komandan Kodim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Rahmat Basuki pada rilis tertulisnya, Selasa (12/2/19).

Dikatakan oleh Dandim 1205/Stg, Letnan Kolonel Inf Rahmat Basuki bahwa Babinsa Koramil 1205-19/Kelam Permai, Sertu Muslikh dan Poktan Usaha Maju yang diketuai Bapak Sakam ini menciptakan alat tersebut guna memudahkan petani dalam merontokkan padi saat panen.

“Alat tersebut sangat sederhana dan mudah dibuat karena hanya terbuat dari kayu dan beberapa alat penggerak yang didapat dari mesin bekas sepeda motor yang masih bisa digunakan,” ujar Letnan Kolonel Inf Rahmat Basuki.

Dandim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Rahmat Basuki mengapresiasi ide kreatif dari Babinsa 1205 – 19/Kelam, Sertu Muslikh dan para petani Poktan Usaha Maju tersebut. Dengan biaya pembuatan yang cukup murah, dapat menghemat tenaga petani serta dapat menghemat pengeluaran sehingga kesejahteraan petani juga akan meningkat.

Saya harap dengan penemuan mesin perontok padi sederhana ini dapat ditiru oleh kelompok tani lain yang ada di wilayah Kecamatan Kelam Permai sehingga bisa membantu dalam proses panen padi,” pungkas Dandim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Rahmat Basuki. (Pendam XII/Tpr).

About admin

Check Also

Babinsa Datangi SMP Negeri 1 Ledo

Bengkayang, Senin (22/4/19)- Melalui Program Pembinaan Teritorial, Babinsa Koramil 1202-15/Ledo, Serda Alpianus melaksanakan kegiatan Bela …