Home / Militer / Ritual Adat pada Titik Nol, Tanda dimulainya Karya Bakti di Daerah Terisolir

Ritual Adat pada Titik Nol, Tanda dimulainya Karya Bakti di Daerah Terisolir

Ketapang – Menjelang pelaksanaan karya bakti pembukaan akses jalan yang menghubungkan Desa Batu Lapis dengan Desa Beginci Darat, Kodim 1203/Ketapang bersama warga menggelar ritual adat dan doa bersama untuk melakukan persiapan pelaksanaan karya bakti. Jumat (8/2/19).

Komandan Kodim 1203/Ketapang, Letnan Kolonel Kav Jami’an menyampaikan, pelaksanaan ritual adat dan doa bersama tersebut dimaksudkan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjaga keariban lokal agar selama pelaksanaan karya bakti dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi rakyat.

“Melalui acara adat ini kita memohon agar diberikan keselamatan bagi personel maupun alat selama dalam pengerjaan pembukaan jalan,” terang Dandim 1203/Ktp.

Disampaikan juga oleh Dandim 1203/Ktp, Letnan Kolonel Kav Jami’an bahwa karya bakti pembukaan jalan dalam rangka membuka daerah terisolir Desa Beginci Darat akan dimulai esok hari.

Ritual adat ini digelar di titik nol rencana pembukaan jalan di Desa Batu Lapis menuju ke Desa Beginci Darat. Yang dipimpin oleh Demung adat Desa Batu Lapis Bapak Deka diikuti oleh personel Kodim 1203/Ktp serta masyarakat Desa Batu Lapis dan Desa Beginci Darat. Dalam acara tersebut dilakukan tepung tawar terhadap alat kerja dan seluruh personel yang akan melaksanakan pekerjaan pembukaan jalan.

Hadir juga dalam acara tersebut, Camat Hulu Sungai, Pj. Kades Desa Batu Lapis, Kades Desa Beginci Darat, Demung Adat Dusun Sira serta Para Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. (Pendam XII/Tpr).

About admin

Check Also

Melalui PETASAN Korem 121/Abw, Rehab Sarpras SMP di Perbatasan

Bengkayang, Jumat (24/5/19) – Percepat kualitas pendidikan di daerah perbatasan, Korem 121/Abw melalui Program Pengabdian …